Home » News » Al-Sisi Berjanji Kelompok Ikhwanul Muslimin Tidak Akan Ada Lagi di Mesir

Al-Sisi Berjanji Kelompok Ikhwanul Muslimin Tidak Akan Ada Lagi di Mesir



Kairo โ€“ Abdel Fattah al-Sisi sebagai mantan petinggi militer Mesir yang saat ini mencalonkan sebagai Presiden kini mulai memaparkan ada visi dan misinya jika nantinya ia terpilih sebagai pimpinan Mesir. Dihadapan publik, Sisi akan memastikan bahwa nantinya kelompok Ikhwanul Muslimin di seluruh penjuru Mesir tidak akan ada lagi.

Al-Sisi Berjanji Kelompok Ikhwanul Muslimin Tidak Akan Ada Lagi di Mesir

Ilustrasi

Memang sejak digulingkannya, Mohammed Morsi dari jabatannya sekitar Juli 2013, memang keberadaan dari kelompok Ikhwanul Muslimin dilarang keras. Bahkan pimpinanya telah ditangkap dan ada sekitar 1.400 pendukungnya yang tewas dikarenakan bentrokan dengan pihak aparat.

Seperti yang dikutip dari AFP, Selasa (6/5/2014), dalam sebuah wawancara untuk pertama kalinya dengan piha televise terkait pencapresannya, Al-Sisi mengungkapkan bahwa berakhirnya kelompok Ikhawanul Muslimin ini dikarenakan dukungan dari rakyat Mesir.

Namun ketika disinggung apakah keberadaan dari Ikhwanul Muslimin nantinya tidak aka nada di Mesir, dengan tegas Al-Sisi menjawab iya. Tidak dipungkiri memang dengan jawaban Al-Sisi ini memang secara tidak langsung telah mengesampingkan adanya rekonsiliasi pihak pemerintah dab kelompok Ikhwanul Muslimin.

Hal ini dikarenakan oragnisasi terorisme ini oleh pihak otoritas Mesir telah dimasukkan ke dalam daftar hitam. Al-Sisi juga mengungkapkan bahwa ideology yang ditawarkan oleh pihak Ikhwanul Muslimin telah ditolak dengan tega oleh rakyat Mesir.

Dengan demikian maka keberadaan dari kelompok tersebut tidak akan diberi izin kembali ke Mesir. Selain itu diungkapkan oleh pensiunan jenderal ini bahwa jika ia terpilih nanti, pihak militer Mesir tidak akan ikut serta memerintah pemerintahan Mesir. Ditegaskan oleh Al-Sisi bahwa ia bukanlah calon dari pihak militer, hal ini dikarenakan ia sudah lama pensiun dari militer. (Maria Ulfa – sisidunia.com)