Home » Travel & Kuliner » Kenaikan Tarif Masuk Taman Nasional Ditentang Asita Sumut

Kenaikan Tarif Masuk Taman Nasional Ditentang Asita Sumut



Medan – Meningkatnya biaya masuk ke Taman Nasional Gunung Leuser dimana semula hanya Rp. 20.000/orang menjadi Rp. 250.000/orang, mendapat pertentangan keras dari banyak pihak, tanpa terkecuali Asita Sumut (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia Sumatera Utara) dengan sejumlah faktor didalamnya.
Kenaikan Tarif Masuk Taman Nasional Ditentang Asita Sumut
Pantauan SisiDunia, Rabu (26/03/2014), Asita Sumut melalui ketuanya, Solahuddin Nasution, menyatakan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2014 tersebut memiliki potensi besar mematikan perkembangan sektor pariwisata di Indonesia, dan berkemungkinan menyebabkan kerugian bagi banyak pihak, tanpa terkecuali pemerintah.

“Asita memprotes keras. Selain dinilai tarifnya gila, juga karena tidak ada uji publik dan sosialisasi,” ujar Solahuddin. Lebih jauh, ketua Asita Sumut itu menyatakan jika nantinya Peraturan Pemerintah terkait diberlakukan, imbas besar tak hanya diterima Taman Nasional Gunung Leuser, namun juga Taman Nasional diseluruh Indonesia.

Solahuddin Nasution pun menambahkan pihaknya meminta Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono untuk kembali meninjau Peraturan Pemerintah terkait dan segera membatalkan pemberlakuannya. Surat resmi keberatan atas PP itupun disampaikan telah dilayangkan kepada para pihak yang bersangkutan guna diselesaikan dengan segera. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)