Home » News » Pengadilan Tinggi Beri Hukuman Lebih Berat Pada Ahmad Fathanah

Pengadilan Tinggi Beri Hukuman Lebih Berat Pada Ahmad Fathanah



Jakarta – Pengadilan Tinggi Jakarta telah memberikan putusan untuk memberikan hukuman pada Fathanah lebih berat lagi. Sesuai dengan keputusan Pengadilan Tinggi, tersangka korupsi kasus suap daging import ini dijatuhi hukuman 16 tahun penjara.

Pengadilan Tinggi Beri Hukuman Lebih Berat Pada Ahmad Fathanah

Hukuman yang diberikan itu memang lebih berat dari putusan Pengadilan Tipikor, hukumannya lebih berat 2 tahun dari sebelumnya.

“Terdakwa Ahmad Fathanah, akan dijatuhi hukuman penjara selama 16 tahun, juga denda sebesar Rp 1.000.000.000,” itu seperti yang dikutip dari salah satu website Pengadilan Tinggi, Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Ternyata Pengadilan Tinggi menyetujui proses banding yang diajukan oleh jaksa penuntut umum, untuk menambah hukuman bagi Fathanah. Meskipun begitu Fathanah tidak terbukti melakukan pencucian uang seperti yang dikatakan dalam dakwaan yang ketiga.

“Mengungkapkan bahwa Fathanah tidak terbukti dalam dakwaan yang ketiga, yaitu tentang pencucian uang, dan tidak melakukan hal itu,” ujarnya.

KPK mengajukan banding sejak pertengahan November 2013 lalu, pengutaraan banding ini dilaakukan sesuai dengan pasal 5 tentang UU pencucian uang. Dan itu semua dianggap oleh majelis hakim tidak terbukti dan sama sekali tidak mengarah ke arah pencucian uang.

Fathanah hanya terbukti bersalah sudah menerima suap sebesar Rp 1,3 Miliar dalam kasus daging import. Untuk kasus ini sudah terbukti Fathanah melanggar pasal 12 huruf a UU Pemberantasan Korupsi juga Pasal 3 UU no 8/2010 tentang UU TPPU. (Samsul Arifin – sisidunia.com)