Home » News » MK Memutuskan Uji Materi UU Pilpres Dilakukan Hari Ini

MK Memutuskan Uji Materi UU Pilpres Dilakukan Hari Ini



Jakarta – Uji materi untuk Pilpres akan dilaksakan hari ini juga, itu sudah diputuskan oleh MK. Bahkan Ketua Dewan Syuro Partai Bulan Bintang juga berencana hari ini ajukan uji materi UU.

MK Memutuskan Uji Materi UU Pilpres Dilakukan Hari Ini

Sesuai dengan jadwal yang tercantum pada situs resmi Mahkamah Konstitusi di www.mahkamahkonstitusi.go.id, memang tertulis bahwa uji materi akan dilakukan hari ini, Rabu (20/3/2014), sekitar jam 15.30 WIB sore. Yusril sendiri telah mengajukan UU no 42 tahun 2008 mengenai Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden untuk pasal 3 ayat (4), Pasal 9, Pasal 14 ayat (2) dan Pasal 112.

“Rencana saya akan melakukan uji itu menurut Pasal yang berlaku, bahkan Pasal demi Pasal untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan sesuai dengan UUD 1945,” ujar Yusril saat di Gedung MK di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jum’at (13/12) lalu.

Mahkamah Konstitusi seharusnya bisa membatalkan Preseditial Threshold (PT) yang diatur dalam UU Pilpres, yang menurut Yusril itu bertentangan dengan UU 1945. Kalau ini memang dibatalkan oleh MK, sepertinya partai politik akan banyak memasang cadangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2014 nanti.

Sampai saat ini UU Pilpres hanya bisa diajukan oleh Parpol atau sekelompok Parpol, yang nanti bisa mendapatkan kursi DPR minim 20 kursi DPR. Kalau sampai uji materi yang disulkan oleh Yusril lolos, maka syarat-syarat itu bisa hilang dan semua partai politik bisa ajukan Capres dan juga Cawapres untuk maju ke Pemilihan Umum. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)