Home » News » KPU Belum Menetapkan Capres Yang Resmi

KPU Belum Menetapkan Capres Yang Resmi



Jakarta – Pemilu memang tidak lama lagi digelar, pihak dari berbagai partaipun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Kebanyakan dari partai-partai berkampanye untuk caleg partainya, juga sekaligus untuk kampanye Capres dari partai itu sendiri.

KPU Belum Menetapkan Capres Yang Resmi

Namun disini KPU mengatakan secara tegas belum ada Capres resmi yang diterima oleh KPU. “Mungkin cara ini bisa menarik minat semua masyarakat, tapi yang pasti untuk Capres resmi memang belum ada,” kata Hadar Nafis Gumay selaku Komisioner KPU, saat berada di kantornya JL. Imam Bonjol, jakarta Pusat, Senin (17/3/2014).

Jika memang sudah ada Cpares resmi pasti nantinya akan diumumkan oleh KPU dan sudah diresmikan. Itu semua harus melalui proses dan juga persyaratan yang sudah ditetapkan.

“Sekedar diketahui bahwa Capres resmi secara otomatis akan dicalonkan oleh pihak partai, yang sudah mempunyai kursi di DPR minimal 20 persen,” ujarnya.

Yang ingin mencalonkan sebagai Capres juga tidak dilarang, karena ini juga belum resmi dari KPU. Itu semua masih hak tiap partai kalau ingin mengumumkan. Soal simbol-simbol yang dipasang juga tidak ada larang, sebab untuk simbol Capres memang belum diatur dalam UU.

Hanya jika simbol untuk pemilihan legelatif yang memang sudah ada syarat dan juga ketentuannya. “Jadi jika ada partai-partai memasang simbol untuk Capres tidak bisa dilarang itu saja, namun sekali lagi untuk Capres resmi memang belum ada, itu semua hanya menurut penilaian mereka saja,” kata Hadar. (Samsul Arifin – sisidunia.com)