Home » News » Di Sumatera Barat Juga Diselimuti Kabut Asap Sehingga Jarak Pandang 300 Meter

Di Sumatera Barat Juga Diselimuti Kabut Asap Sehingga Jarak Pandang 300 Meter



Jakarta – Kabut asap tidak hanya menutupi daerah Riau dan Sumatera Utara, tapi juga wilayah Sumatera Barat terkena dampaknya. Hari ini jarak pandang di wilayah Sumatera Barat sekitar 300 meter, ini terjadi di Desa Pariangan, Kabupaten Tanah Datar.

Di Sumatera Barat Juga Diselimuti Kabut Asap Sehingga Jarak Pandang 300 Meter

“Rumah saya sebenarnya ada di Pakanbaru, namun karena kondisi disana sudah parah dan bahaya, makanya pindah ke Sumatera Barat, tapi sama disini juga terkena dampak kabut asap,” kata Tasman Palino salah seorang warga, saat ditemui sisidunia, Sabtu (15/3/2014).

Tasman mengatakan bau asap yang terjadi didesanya sama persis saat masih tinggal di Riau. Maka warga sekitar desa harus memakai masker jika keluar untuk menghindari gangguan pernapasan akibat kabut asap itu.

“Selama perjalanan jarak pandang sekitar 300km, sepanjang jalan dipenuhi kabut asap,” ujar Tasman.

Banyak warga sekitar Riau meminta kepada pemerintahan untuk segera mengatasi permasalahan ini. Dan juga memperhatikan rakyat yang terkena asap akibat pembakaran hutan. Sebab sepertinya aksi pembakaran ini tidak terjadi di Riau saja, tapi bisa juga terjadi di Sumatera Barat.

“Mungkin kejadian yang terjadi di Riau dianggap tidak akan merembet ke wilayah lain, tapi ternyata ada wilayah Sumatera Barat yang terkena dampak kabut asap, tapi bisa juga terjadi pembakaran hutan seperti di Riau, hanya saja belum terdeteksi,” ujarnya. (Samsul Arifin – sisidunia.com)