Home » News » Gelapnya Riau Yang Masih Diselimuti Kabut Asap Gelap

Gelapnya Riau Yang Masih Diselimuti Kabut Asap Gelap



Jakarta – Wilayah Riau masih diselimuti asap yang cukup gelap akibat kebakaran hutan, kabut gelap itu sangat mengganggu masyarakat sekitar yang akan beraktivitas. Bahkan suasana di siang hari pun tampak suasan sore menjelang malam.

Gelapnya Riau Yang Masih Diselimuti Kabut Asap Gelap

“Justru sekarang ini yang tampak lebih gelap dari biasanya,” kata Hana Sugandi pada¬†sisidunia saat melintas di jalan, Kamis (13/3/2014).

Hasil foto Sugandi yang ditunjukkan, memang terlihat beberapa wilayah masih terlihat cukup gelap, foto itu sempat dikirimkan ke pasangmata.com. Kebanyakan lokasi yang difoto ada di daerah Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

“Tempat-tempat sekolah juga diliburkan akibat asap tebal itu,” ujar Sugandi.

Warga lain yang jaraknya lumayan jauh ternyata juga mengalami hal yang sama. Bahkan untuk berkendara saja sangat sulit melihata jalanan, jadi sangatlah berbahaya. Mereke yang menaiki sepeda motor juga menyalakan lampu motor untuk membantu penerangan saat berada di jalanan, supaya bisa terlihat.

Kabut asap yang sangat gelap ini terjadi akibat kebakaran hutan yang dilakukan oleh tangan tidak bertanggung jawab. Memang hal ini sudah rutin terjadi di tiap tahun, yang menyebabkan perusahaan penerbangan tidak dapat beroperasi. Api yang berkorbar di hutan sudah dipadamkan lewat bom air yang dijatuhkan dari udara, pemerintah juga tidak tinggal diam dengan kejadian ini. Pihak-pihak yang masih berhubungan dengan kebakaran hutan ini akan dijerat dengan hukuman pidana maupun perdata. (Samsul Arifin – sisidunia.com)