Home » News » Menyusuri Titik-Titik Terakhir Pesawat MAS MH 370 Yang Akhirnya Hilang

Menyusuri Titik-Titik Terakhir Pesawat MAS MH 370 Yang Akhirnya Hilang



Jakarta – Pesawat Malaysia MH 370 belum jugaditemukan hingga saat ini. Bahkan kemungkin titik terakhir pesawat tersebut masih berkomunikasi juga tiba-tiba menjadi meluas. Dimana sebenarnya pesawat itu kehilangan kontak untuk terkahir kalinya?

Menyusuri Titik-Titik Terakhir Pesawat MAS MH 370 Yang Akhirnya Hilang

Dalam sebuah situs menjelaskan pesawat flightradar24.com sempat merekam pesawat itu sebelum akhirnya kehilangan kontak dan menghilang. Apa yang mereka catat beda dengan pencatat pesawat terbang lainnya, lbih detail dan juga lebih jelas catatannya. Dengan menggunakan flightrada24 sejauh mana pesawat itu terbang bisa diketahui.

“Pesawat itu masih sempat merubah arah dan memutar mulai dari 25 hingga 40 derajat, itu terjadi di waktu malah hari waktu setempat,” itu yang dituliskan dalam situs mereka di dalam facebook.

Tapi setelah itu mereka tiba-tiba kehilangan kontak dengan pesawat tersebut, dan juga sama sekali tidak menerima sinyal darurat apapun.

Walaupun canggih flightradar24 tidak bisa melacak keberadaan pesawat itu jika sudah di dalam lautan. Memang benar flightradar bisa membaca dimanapun pesawat itu berada sekalipun terbang yang sangat jauh, namun alat yang mereka punya tidak mampu menembus hingga ke lautan.

“Semakin tinggi pesawat itu terbang tentu akan semakin jauh pula yang akan dideteksi,” ujarnya.

Seorang pengamat penerbangan Alvin Lie menjelaskan kalau data-data yang ada belum bisa menyingkap hilangnya pesawat itu. Pasti ada sesuatu yang terjadi kenapa akhirnya pesawat itu berubah ke titik yang lainnya.

“Sebenarnya harus lebih jelas lagi, apakah saat dipanggil tidak ada respon atau memang tiba-tiba hilang dari radar,” kata Alvin saat menemui sisidunia, dalam jumapa pers, Rabu (12/3/2014). Pastinya pilot akan melaporkan dimana pesawat itu berada minimal 10 menit sekali biasanya, dan itu sifatnya wajib bagi seorang pilot.

Namun menurut laporan dari menara Vietnam belum ada laporan dari pilot dalam pesawat tersebut, ini berarti pesawat masih berada di area udara seputar Malaysia. Meski begitu semua pihak tak hentinya melakukan pencarian hingag ke selat malaka juga daratan. (Samsul Arifin – sisidunia.com)