Home » News » Malaysia Airlines Pembawa 239 Penumpang Hilang Kontak

Malaysia Airlines Pembawa 239 Penumpang Hilang Kontak



Kuala Lumpur – Tragedi penerbangan kembali terjadi dimana kini sebuah pesawat Boeing B777-200 milik dari Malaysia Airlines rute Kuala Lumpur-Beijing, nomor penerbangan MH370, dinyatakan telah kehilangan kontak dengan pihak pengawas lalu lintas udara, dimana diperkirakan mulai hilang ketika berada diwilayah udara Vietnam.
Malaysia Airlines Pembawa 239 Penumpang Hilang Kontak
Melansir dari Reuters, Sabtu (08/03/2014), pesawat Malaysia Airlines tersebut membawa 227 orang penumpang serta 12 lainnya merupakan kru sehingga total terdapat 239 nyawa didalamnya. Berangkat dari bandara di Kuala Lumpur pada pukul 00.21 waktu setempat, dan dijadwalkan mendarat di ibukota China 6.30 am waktu setempat.

Pernyataan resmi pun telah diungkap Ahmad Jauhari Yahya selaku Chief Executive Malaysia Airlines dengan mengatakan, “Kami sangat menyesal bahwa kita telah kehilangan semua kontak dengan penerbangan MH370. Malaysia Airlines bekerja dengan pihak berwenang yang telah mengaktifkan tim pencarian dan penyelamatan mereka untuk menemukan pesawat.”

Disisi lain, pejabat CAAV (Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam) memberi keterangan pesawat milik Malaysia Airlines tersebut gagal ‘check-in’ sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Sebagaimana dikutip dari sumber lansiran, Bui Van Vo selaku manager kontrol penerbangan departemen CAAV menyatakan, ” Kode tidak muncul dalam sistem kami.”

Mengenai jumlah penumpang yang ada didalamnya, Administrasi Penerbangan Sipil China (CAAC) menyatakan ada 158 warga negara China pada pesawat Mayalsia Airlines tersebut. Hingga saat ini para pihak terkait masih dalam proses melakukan pencarian serta penyelamatan terhadap pesawat Boeing B777-200 beserta penumpang maupun kru. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)