Home » News » Mendagri: Menjelang Kampanye Banyak Kepala Daerah Ajukan Cuti

Mendagri: Menjelang Kampanye Banyak Kepala Daerah Ajukan Cuti



Jakarta – Tidak lama lagi pemilu akan berlangsung, bahkan sebagian besar dari kepala daerah ditunjuk untuk ikut andil dalam pemilu. Pihak Kementerian Dalam Negeri juga banyak menerima surat-surat cuti, dari berbagai Kepala Daerah.

Mendagri: Menjelang Kampanye Banyak Kepala Daerah Ajukan Cuti

“Hingga saat ini saya sudah menerima banyak sekali surat cuti mulai dari Gubernur, Bupati, Walikota,” ujar Mendagri Gamawan Fauzi, di Istana Negara, Jakarta, Jum’at (7/3/2014).

Gamawan juga menjelaskan memang sesuai dengan PP 18 tahun 2013, bagi Kepala Daerah boleh mengajukan cuti untuk berkampanye hanya dua kali dalam 1 minggu. Tetapi surat pengajuan cuti harus diberikan sebelum kampanye itu dimulai, atau selambat-lambatnya 12 hari sebelum dimulainya acara kampanye.

Gubernur Jokowi sudah mempunyai waktu untuk berkampnye di akhir minggu, kalau seperti itu cukup diberikan pemberitahuan saja, kata Gamawan.

Mendagri juga memberikan pesan pada seluruh kepala daerah, untuk jangan sekali-kali menggunakan fasilitas negara dalam mengadakan kampanye.

Jika ingin menggunakan fasilitas rumah silahkan, tapi tidak boleh lebih dari 2 hari. Setelah itu harus pindah dari rumah, kalau seperti mobil, dan lain-lain itu jelas tidak boleh dan dilarang, ujarnya. (Samsul Arifin – sisidunia.com)