Home » News » Rusia Melanggar Hukum Internasional

Rusia Melanggar Hukum Internasional



Berlin – Apa yang saat ini sedang terjadi di Ukraina menarik perhatian dari Kanselir Jerman Angela Merkel dan juga Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Bahkan keduanya berpendapat bahwa tindakan Rusia yang melakukan intervensi militer yang ada di Ukraina adalah sebuah bentuk pelanggaran atas hukum internasional.

Rusia Melanggar Hukum Internasional

Seperti yang dilansir dari Reuters, Senin (3/3/2014), Wakil Juru Bicara Pemerintah Jerman Georg Streiter membenarkan bahwa kedua pemimpin itu sepakat bahwa Rusia melakukan pelanggaran atas hukum internasional.

Bahkan kedua sepakat melakukan koordinasi terkait Crimea. Karena pada dasarnya apa yang terjadi di Ukraina semuanya bergantung atas kesatuan yang berasal dari dunia internasional untuk menyikapi masalah tersebut.

Selain itu Streiter juga mengatakan bahwa Kanselir Merkel sudah berbicara dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin melalui telepon dimana ia mengungkapkan bahwa Rusia telah melanggar adanya hukum internasional dengan melakukan interverensi atas wilayah Crimea.

Sebagaimana yang diketahui bahwa memang sebelumnya pihak Rusia diyakini menguasaru Crimea padahal masih berada didalam kekuasaan dari Ukraina. Tentunya pihak yang pro-Rusia yang menempati wilayah tersebut menginginkan untuk segera merdeka.

Sayangnya saat pemerintahan Ukraina berganti, maka saat ini keadaan yang ada di Crimea menjadi semakin panas dan memicu untuk segera melepaskan diri dari Ukraina. Bahkan kabarnya kelompok bersenjata telah mengepung gedung pemerintahan yang ada di Crimea, ditambah lagi dari Parlemen Rusia memberikan dukungan pasukannya untuk berada di Crimea.(Maria Ulfa – sisidunia.com)