Home » News » Kerjasama Militer Dengan Rusia Dihentikan Oleh AS

Kerjasama Militer Dengan Rusia Dihentikan Oleh AS



Washington – Pada akhirnya pihak Pemerintah Amerika Serikat menghentikan kerjasama militer yang selama ini terjalin dengan pihak Rusia. Tidak dipungkiri memang pembekuan kerjasama ini bersifat sementara dikarenakan adanya intervensi militer Rusia kepada Ukraina.

Kerjasama Militer Dengan Rusia Dihentikan Oleh AS

Seperti yang dilansir dari AFP, Selasa (4/3/2014), juru bicara Pentagon, John Kirby mengungkapkan bahwa apa yang terjadi terkahir di Ukraina mau tidak mau pihak AS memang berkaitan. Oleh karena itu pihak Amerika Serikat menghentikan kerjasama militer dengan pihak Rusia.

Diungkapkan oleh Kriby bahwa penghentian kerjasama militer tersebut didalamnya mencakup adanya pertemuan bilateral, latihan militer, perencanaan konferensi serta kunjungan pelabuhan. Terkait dengan Ukraina pihak pemerintah AS akan mengamati secara seksama atas krisis tersebut dan mengharapkan agar pihak Rusia segera menghentikan ketegangan.

Dimana salah satu caranya adalah dengan menarik kembali pasukan Rusia yang ada di Crimea ke pangkalan masing–masing, sebagaimana yang diwajibkan dalam Armada Laut Hitam Rusia. Ditekankan oleh Kirby bahwa pasukan AS tidak akan mengubah apapun atas keberadaan mereka di Laut Hitam ataupun di beberapa wilayah yang saat ini masih krisis.

Namun walaupun demikian, pasukan Angkatan Laut AS tidak akan menghentikan latihan ataupun operasi rutin yang telah direncanakan dengan pihak sekutu ataupun mitra yang ada di kawasan itu. (Maria Ulfa – sisidunia.com)