Home » Otomotif » Tesla Motors Berencana Bangun Pabrik Baterai dengan Panasonic

Tesla Motors Berencana Bangun Pabrik Baterai dengan Panasonic



Tokyo – Perusahaan elektronik berbasis produksi di Jepang, Panasonic, dan produsen otomotif Tesla Motors dilaporkan memiliki rencana untuk melakukan kerjasama didalam membangun pabrik pembuatan mega baterai otomotif, dengan nominal biaya total sebesar $ 1 miliar, dimana direncanakan dibangun diwilayah Amerika Serikat.
Tesla Motors Berencana Bangun Pabrik Baterai dengan Panasonic
Disampaikan AFP, Rabu (26/02/2014), sejumlah pembuat bahan terkait asal Jepang disampaikan juga diundang untuk bergabung dengan proyek tersebut. Fasilitas baru yang akan dibangun nantinya diungkapkan Nikkei diharapkan dapat menangani segala sesuatu dari pengolahan bahan baku guna perakitan baterai ringan untuk Tesla, dan mungkin produsen lainnya.

Pihak Panasonic tanpa memberikan konfirmasi mengenai laporan tersebut menyatakan, pihaknya “mempelajari setiap cara yang mungkin untuk memperkuat hubungan dengan Tesla.” Saham perusahaan asal Jepang itu saat ini dinyatakan mengalami pelonjakan hingga lebih dari 5 persen pada perdagangan pagi hari di Tokyo.

Namun, David Rubenstein selaku analis Advanced Research Japan, menyatakan hati-hati pada laporan proyek terkait. “Cerita ini hanya pembicaraan. Margin Panasonic pada bisnis baterai adalah sangat tipis, jadi sedikit lebih dari angan-angan proyek semacam ini. Jika benar, akan benar-benar menambah bermakna garis bawah.”

Lebih jauh, pihak Tesla ingin membawa kendaraan listriknya kedalam kisaran harga yang sama seperti bensin pembakaran mereka, sementara juga berencana untuk membuat rumah menggunakan baterai guna penyimpanan grid. Sampai sejauh ini, Panasonic telah bekerjasama dengan Tesla didalam pengembangan baterai auto generasi berikutnya. Dan pada tahun lalu telah memperluas kontrak untuk memasok unit lithium-ion ke perusahaan tersebut dengan nominal biaya sekitar dua miliar, serta berlaku sampai 2017. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)