Home » News » Jangan Coba-Coba Mengajak Orang Untuk Golput, Bisa 3 Tahun Penjara Hukumannya

Jangan Coba-Coba Mengajak Orang Untuk Golput, Bisa 3 Tahun Penjara Hukumannya



Jakarta – Tidak lama lagi pemilu akan berlangsung, disitu akan dilihat seberapa banyak antusias masyrakat dalam melakukan pemilu. Pemilu bisa berhasil semua karena peran serta seluruh rakyat Indonesia, oleh sebab itu siapa yang melarang seseorang untuk ikut peran dalam pemilu akan mendapatkan hukuman pidana.

Jangan Coba-Coba Mengajak Orang Untuk Golput, Bisa 3 Tahun Penjara Hukumannya

Dalam ketentuan undang-undang pun ada pidana bagi orang-orang yang mengahalangi jalannya pemilu. Itu semua diatur dalam Undang-Undang no 8 tahun 2012, tentang pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD mengatur semuanya tentang hal itu, orang yang mempengaruh pemilih lain untuk tidak ikut memilih atau golput.

Husni Kamil Malik selaku Ketua KPU, juga membenarkan adanya peraturan itu. semuanya sudah tertulis, namun itu semua tidak berpengaruh pada kerja KPU selama ini yang sibuk menyiapkan semuanya.

“Sebenarnya kerja KPU adalah meminta seluruh rakyat Indonesia agar turut serta, memakai haknya dalam pemilu ini,” kata Husman Kamil Malik, saat di Four Season Hotel, Jl.HR Rasuna Said, Jaksel, Jum’at (21/2/2014).

Undang-Undang tersebut sebenarnya bukan untuk menakut-nakuti rakyat, ini semua agar pemilu berjalan lancar, dan semua pihak bisa memakai hak pilihnya. Janganlah kita melihat dari isinya tapi sadarkan diri kita masing-masing, kalau semua rakyat memang wajib menjalankan pemilu, dan juga memakai hak pilihnya. Ini semua juga untuk kepentingan seluruh rakyat, jika yang terpilih nantinya sesuai dengan hati serta cocok dengan rakyat, ujarnya. (Maria Ulfa – sisidunia.com)