Home » News » Artefak Di Museum Nasional Dicuri, Namun Polisi Belum Bisa Mengungkap

Artefak Di Museum Nasional Dicuri, Namun Polisi Belum Bisa Mengungkap



Jakarta – Hingga saat ini kasus hilangnya artefak yang berada di dalam Museum Nasional, belum juga terungkap. Kenapa hingga 5 bulan ini sejak kejadian, polisi belum bisa mendapatkan apa-apa, ini yang membuat banyak orang bertanya-tanya.

Artefak Di Museum Nasional Dicuri, Namun Polisi Belum Bisa Mengungkap

Neta S Pane selaku Ketua Presidium Indonesia Police Watch, melihat kinerja polisi tidak begitu sunguh-sungguh menangani kasus ini. Dilihat sampai sekarang pun belum ada kemajuan dari hasil penyelidikan apalagi tersangkanya.

“Seperti ada yang ganjal, masak pencurian yang terjadi di dalam Museum Nasional hingga kini belum juga terlacak,” kata Neta kepada sisidunia, Kamis (20/2/2014).

Jika dilihat dari segi keamanan di dalam Musuem Nasioanl, Neta mengatakan sudah dirasa cukup. Sebab di dalam Museum dilengkapi dengan kamera juga penjaga kemananan. Tapi pada saat kejadian dikatakan kalau pada saat itu kamera tidak nyala atau mati. Kalau memang begitu tentunya polisi bisa mencari sebab matinya kamera, kalau memang dimatikan secara sengaja pasti akan ada sidik jari yang menempel, ujar Neta menjelaskan.

Secara tegas Neta mengatakan harusnya tidak ada argumen dari kepolisian untuk mengungkap kasus ini. Bisa saja karena kerja yang kurang sungguh-sungguh hingga tidak bisa memperoleh apa-apa. Ini yang nantinya membuat khawatir, jika kasus pencurian ini saja tidak selesai bagaimana jika ada kasus-kasus yang lain takut terbengkalai juga.

Neta hanya berharap polisi bisa segera menyelesaikan kasus ini, jika tidak maka bisa jadi akan ada barang-barang sejarah lainnya yang juga akan hilang. Karena dianggap sudah tidak serius menangani kasus negara ini. Saat ini di dalam Museum Nasional telah diperbarui dengan diperbanyak lagi kamera dan juga keamanan yang berjaga-jaga, jadi untuk lebih meningkatakan keamanan saja. (Maria Ulfa – sisidunia.com)