Home » News » Pemprov DKI Jakarta Luncurkan Bus Pariwisata, Gratis!

Pemprov DKI Jakarta Luncurkan Bus Pariwisata, Gratis!



Jakarta – Tak lama lagi Pemprov DKI akan luncurkan Bus Pariwisata tingkat, buatan dari cina. Sebenarnya sejak hari selasa kemarin Bus itu sudah mulai melakukan percobaan.

Pemprov DKI Jakarta Luncurkan Bus Pariwisata, Gratis!

Menurut Kepala Dinas Pariwisata DKI Arie Budiman, rencananya percobaan itu akan dilakukan selama 6 hari. Percobaan berkeliling jalan raya itu gunanya untuk membiasakan sopir yang memegang kendali, juga jalanan yang akan dilewati nantinya.

“Rencananya bus itu akan diluncurkan senin (24/2) nanti, maka dari itu sebelumnya dilakukan percobaan terlebih dahulu, senan rute yang dilalui juga pasti akan berbeda, ini agar sopir bus terbiasa nantinya,” ujar Arie saat ditemui di kantornya, Rabu (19/2/2014).

Besok bus pariwisata itu akan didampingi oleh beberapa orang, diantaranya sopir, polisi pariwisata, pemandu wisata serta petugas on board. Bus tingkat ini akan digunakan oleh para wisatawan dan diberikan secara gratis, untuk bisa berkeliling Jakarta.

Selain itu di bus ini juga nantinya, wisatawan akan mendapat info menginap ke mana akan diarahkan ke hotel-hotel yang mereka inginkan. Dan mereka bisa berkeliling ke Jakarta sepuas-puasnya.

Jalanan yang akan dilalui nanti sekitar, Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Sarinah-Museum Nasional-Halte Santa Maria-Pasar Baru-Gedung Kesenian Jakarta-Masjid Istiqlal-Istana Merdeka-Monas-Balai Kota-Sarinah-lalu kembali ke Bundaran HI. Tiap halte yang akan dilewati bus, yang akan menurunkan penumpang juga menaikkan lagi.

Bus berjalan dengan kecepatan sekitar 10-20 kilometer per jam, memang ini bus pariwisata jadi jalannya juga pelan-pelan, tutur Arie Budhiman. Ada sebanyak 12 paramudi, yang nanti akan digaji sesuai dengan UMP DKI yaitu sebesar Rp 2,4 juta. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)