Home » Travel & Kuliner » Gubernur Bali Menegaskan Perlunya Penertiban Pemain Pemandu Wisata

Gubernur Bali Menegaskan Perlunya Penertiban Pemain Pemandu Wisata



Bali – Pada akhir pekan lalu, peristiwa sangat mencengangkan terjadi, dimana tujuh wisatawan mancanegara yang berasal dari Jepang dinyatakan hilang ketika sedang melakukan penyelaman diperairan Nusa Lembongan, Bali. Tak ingin kejadian serupa terulang, pihak Pemprov setempat mencari, telah menemukan solusi, dan segera menerapkannya.
Gubernur Bali Menegaskan Perlunya Penertiban Pemain Pemandu Wisata
Dan solusi tersebut berupa penertiban terhadap pemandu wisata liar dimana dinyatakan oleh Made Mangku Pastika selaku Guubernur Bali saat ini ‘guide’ tidak hanya berasal dari orang asli Indonesia saja, tetapi juga ada yang merupakan pemandu asing sehingga perlu adanya ketegasan didalam menerapkan aturan-aturan sebagai langkah preventif.

“Harus cek lagi itu kredibilitas travel biro yang ada, ada izin atau tidak, track record-nya bagaimana,” ujar Gubernur Bali tersebut. Made Mangku Pastika menambahkan ketika melihat kelapangan ternyata selama ini yang sering terlihat beredar adalah pemandu liar, dan kebanyakan mereka bukanlah orang Bali asli.

Hal itu dinyatakan telah menyalahi aturan terlebih lagi orang luar dikatakan belum tentu memahami betul medan area sekitar seperti misalnya wilayah Lembongan. Jika warga asli setempat sudah pasti paham akan keadaan situasi kondisi diwilayah Bali secara umumnya.

Lebih jauh, pantauan SisiDunia, para wisatawan asing dari Jepang dimana sebelumnya disampaikan hilang, kini telah diselamatkan sebanyak enam orang, serta satu lagi sedang dicari. Dan dari enam wisatawan itu, satu diantaranya dinyatakan meninggal dunia. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)