Home » News » Lahar Dingin Dari Gunung Kelud Rendam Wilayah Kediri

Lahar Dingin Dari Gunung Kelud Rendam Wilayah Kediri



Kediri – Lagi-lagi Gunung Kelud mengeluarkan lahar, namun kali ini lahar dingin yang dikeluarkan dari Gunung yang beberapa hari lalu meletus. Disertai hujan deras, lahar dingin membanjiri wilayah daerah sekitar Gunung Kelud, Kediri, juga Kali Konto kecamatan Kandangan. Lahar dingin itu hampir menenggelamkan beberapa rumah-rumah warga juga tempat ibadah.

Lahar Dingin Dari Gunung Kelud Rendam Wilayah Kediri

“Posisi tempat ibadah, dan juga rumah memang kebetulan berada di persis samping jembatan, jadi secara otomatis tempatnya lebih rendah dari jembatan, itu yang mengakibatkan rumah-rumah dan tempat ibadah itu tenggelam,” itu menurut Dandim 0809 Kediri Letkol Inf Heriyadi, di tempat kejadian, Selasa (18/2/2014).

Turunnya hujan yang cukup deras tadi sore, akhirnya mengalirkan lahar dingin itu menuju ke sungaki Kali Konto. Hingga saat ini ketinggian permukaan sungai Kali Konto semakin lama semakin tinggi dari permukaannya.

Info yang diperoleh sampai waktu ini, Kali Konto yang menguap hanya menenggelamkan 1 bangunan tempat ibadah dan 1 rumah yang memang tempatnya bersebelahan dengan jembatan. Tapi menurut pemantauan terbaru pukul 18.30 WIB tadi sudah mengalami penurunan.

Untungnya rumah yang tenggekam itu tidak menelan korban jiwa, karena kebetulan rumah itu tidak berpenghuni atau kosong. Untuk sementara waktu Letkol Inf Heriyadi menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk tidak mendekati daerah rawan, atau sekitar pinggiran sungai.

Di masing kawasan daerah Gunung Kelud telah disediakan 2 truk, juga di kawasan pare 1 truk. Serta Tim SAR Brimob dengan peralatan yang lengkap untuk berjaga-jaga di batasan Kecamatan Kepung dan Kecamatan Puncu.

“Seluruh jajaran Koramil sudah bersiaga di Kandangan, Pare, dan juga di Puncu, malam ini siap siaga I, dan terus berjaga,” ujarnya. (Samsul Arifin – sisidunia.com)