Home » News » Tanah Pertanian Yang Rusak Akibat Gunung Kelud Meletus, Akan Segera Diperbaiki

Tanah Pertanian Yang Rusak Akibat Gunung Kelud Meletus, Akan Segera Diperbaiki



Tangerang – Gunung Kelud yang berada di Kediri, Jawa Timur, akhirnya kemarin meletus, ini berdampak pada perkenomian di wilayah sekitar. Namun pemerintah mengharapkan dampak ini tidak perlu lama-lama dan berkepanjangan, terutama untuk tanah pertanian.

Tanah Pertanian Yang Rusak Akibat Gunung Kelud Meletus, Akan Segera Diperbaiki

Hatta Rajasa selaku Menko Perekonomian, menyatakan untuk secepatnya pemerintah setempat meperhatikan tanah-tanah pertanian yang rusak, agar secepatnya diperbaiki karena itu merupakan kebun dan tanah rakyat.

“Yang paling penting kita pikirkan juga adalah tanah-tanah pertanian juga perkebunan yang rusak, ini juga harus masuk dalam dana perbaikan agar cepat ditangani,” ujar Hatta setelah selesai mengikuti acara Himpunan Pengusaha Alumni Institut Teknologi Sepuluh November (HIPA ITS) Di Hotel Allium Tangerang, Sabtu (15/2/2014)

Memang diakui juga oleh Hatta, bahwa akibat dari letusan gunung kelud kemarin lumayan besar, sehingga sampai-sampai beberapa penerbangan juga digagalkan untuk berangkat, harapan saya bandara bisa dengan segera dibuka jika memang sudah benar-benar aman, kata Hatta.

Tanah pertnaian yang memang tertutup abu vulkanik tidak dapat digunakan lagi, oleh sebabnya itu perlu dengan segera diperbaiki, karena rakyat juga tidak bisa lagi mengkonsumsinya.

Apalagi menurut pemantauan Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia, Kediri merupakan distributor buah dan juga cabe. Secara otomatis jika lahan perkebunan mereka sudah tertutup abu, ini sama juga dengan sudah tidak ada lagi perdagangan yang dilakukan warga sekitar sana. (Samsul Arifin – sisidunia.com)