Home » Techno » Samsung Bergabung dengan Konsorsium OpenPower IBM

Samsung Bergabung dengan Konsorsium OpenPower IBM



Korea Selatan – Samsung Electronics dipastikan kini menjadi bagian dari Konsorsium OpenPower IBM, dimana OpenPower merupakan skema rancangan IBM guna mempermudah perusahaan terkait dengan lisensi arsitektur dan penyesuaian kebutuhan khusus, seperti ARM tanpa chip-nya. Konsorsium itu diluncurkan bulan Agustus 2013.
Samsung Bergabung dengan Konsorsium OpenPower IBM
Lansiran pada TheRegister, Kamis (13/02/2014), harapan IBM terhadap konsorsium tersebut agar bisa membuat kumpulan baru untuk kategori produk arsitektur berkemampuan kurang sehat. Terkait bergabungnya Samsung, juru bicara IBM menyatakan, “Dari perspektif IBM, kita dapat mengatakan IBM senang mereka bergabung.”

“Dan kami berharap kontribusi mereka akan dibawa kedalam grup,” tandasnya. Samsung akan bergabung dengan pihak lainnya yang sudah terlebih dahulu menjadi bagian Konsorsium OpenPower IBM, seperti raja mesin pencarian Google, pembuat GPU Nvidia, ahli dibidang jaringan Mellanox, dan spesialis motherboard Tyan.

Disisi lain, pihak IBM telah resmi mengumumkan rencananya untuk mengucurkan dana lebih dari $ 1 miliar guna memacu pengembangan Linux pada chip. Dan sampai sejauh ini, Konsorsium tersebut sudah menciptakan empat bidang pengembangan prioritas, yaitu perangkat lunak sistem, aplikasi, arsitektur hardware, serta platform pengembangan server terbuka. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)