Home » News » Pendaftaran SNMPTN 17 Februari – 31 Maret 2014

Pendaftaran SNMPTN 17 Februari – 31 Maret 2014



Jakarta – Jalur masuk ke perguruan tinggi negeri kembali di buka. Untuk tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengisyaratkan 60 persen minimal untuk jatah Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Nasional (SNMPT).

Pendaftaran SNMPTN 17 Februari - 31 Maret 2014

SNMPTN

Proses pendaftaran akan dimulai pada tanggal 17 Februari – 31 Maret 3014. Sedangkan proses seleksi dilakukan pada tanggal 1 April-26 Mei 2014. Ini berarti waktu yang cukup singkat bagi para peserta didik SMU dan sederajat untuk mempersiapkan diri.

Dengan minimal jatah 60 persen yang diberlakukan berarti ada separuh lebih kursi yang disediakan oleh PTN untuk jalur tersebut. Peluang masuk ke perguruan tinggi pun akan semakin besar.

Selain SNMPTN, jalur lain yang bisa ditempuh oleh siswa adalah jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur ini memberlakukan tes tertulis bagi peserta yang ingin masuk ke PTN.

Dan jalur terakhir yang bisa dipilih adalah jalur mandiri. Daya tampung untuk jalur ini adalah maksimal 20 persen. Kepada wartawan yang menemuinya (13/02/2014), M Nuh selaku Mendikbud mengatakan bahwa tahun ini peluang masuk ke PTN melalui SNMPTN semakin besar karena ada 60 persen kursi yang telah disediakan. (Maria Ulfa – sisidunia.com)