Home » News » Pemerintah China dan Taiwan Sepakat Akan Lakukan Pembicaraan Tingkat Pemerintah

Pemerintah China dan Taiwan Sepakat Akan Lakukan Pembicaraan Tingkat Pemerintah



Beijing – Setelah 65 tahun lamanya tidak pernah mengadakan dialog bersama, pemerintah China dan Taiwan kini telah menyepakati membangun pembicaraan tingkat pemerintah secara resmi. Kesepakatan dua pemerintah diwilayah Asia tersebut terjadi setelah adanya pertemuan bersejarah di timur Nanjing, China.

Pemerintah China dan Taiwan Sepakat Akan Lakukan Pembicaraan Tingkat Pemerintah

Credit Photo : Alexander F. Yuan/AP

Melansir dari WashingtonPost, Selasa (11/02/2014), perwakilan kedua belah pihak seusai pertemuan tersebut tersenyum dan berjabat tangan, pemandangan yang pertama kali terlihat secara formal setelah negara itu terbagi menjadi dua ditahun 1949. Wang Yu-chi selaku Menteri Taiwan menyatakan pertemuan itu adalah babak baru hubungan diantara keduanya.

Disisi lain, Zhang Zhijun yang merupakan perwakilan dari pemerintah China mengatakan perundingan kedua dapat dipastikan membuat kedua belah pihak akan menjadi teman baik namun tetap perlu untuk menunjukkan imajinasi didalam mencapai terobosan dimasa depan. Zhang pun menambahkan tidak mengharapkan hubungan keduanya kembali memburuk.

Kedua perwakilan dari dua pemerintah tersebut sebelumnya dinyatakan telah melakukan pertemuan satu kali namun sifatnya informal, yaitu disela-sela pertemuan puncak regional diwilayah Bali, Indonesia, tepat pada bulan Oktober 2013. Dan pertmuan kali ini besar kemungkinan dapat meredakan hubungan diantara dua negara terkait yang sempat kembali memanas. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)