Home » Otomotif » Jumlah Mobil Di China Jauh Lebih Banyak Daripada Warga Indonesia

Jumlah Mobil Di China Jauh Lebih Banyak Daripada Warga Indonesia



Beijing – Negara Indonesia ternyata sudah mempunyai warga sebanyak 240 juta jiwa, namun ternyata di China jumlah mobil yang ada disana lebih banyak daripada warga Indonesia.

Jumlah Mobil Di China Jauh Lebih Banyak Daripada Warga Indonesia

Dari info yang diberikan China Car Times, Rabu (5/2/2014) bahwa warga china yang sudah memakai mobil sebanyak 250 juta kendaraan. Dan itu terlihat banyak sekali di jlan-jalan, apalagi jika 31 kota telah memiliki lebih dari satu unit mobil.

Pemerintahan China sendiri juga memberikan informasi bahwa mobil berpenumpang yang ada di China memang sudah cukup banyak, bisa mencapai 137 unit itu sudah meningkat sejak tahun 2003. Apabila dilihat dari sisi populasinya kota yang memiliki mobil terbanyak adalah di Beijing, di kota tersebut ada lebih dari 5 juta kendaraan yang beredar di jalanan.

Jika dilihat dari jumlah warga yang mencapai 1,3 milliar jiwa, hanya sebesar 280 juta warga saja yang telah mempunyai Surat Ijin Mengemudi (SIM), sisanya baru saja masuk daftar dan akan menjalani tes pada tahun 2013 kemarin.

Melihat dari banyaknya masyarakat China yang sudah memakai mobil, maka resiko kecelakaan akan tinggi pula. Apalagi banyak sekali warga yang baru saja belajar mobil sudah berni membawa kendaraan sendiri di jalanan. Ini juga bisa berakibat kecelakaan meningkat.

Pengendara mobil yang sudag berpengalaman di China saja, banyak sekali yang mengalami kecelakaan apalagi yang baru saja belajar dalam kurun waktu tidak ada 1 tahun. Jumalah kecelakaan di China memang sangat tinggi, di China telah terjadi 51.000 kecelakaan dan telah menewaskan 14.000 orang jiwa, serta 56.000 cedera.

Namun di kota Beijing, Shanghai, Guangzhou, Tiajin dan Guiyang telah memberikan batasan dalam membeli mobil, supaya banyaknya kendaraan di masng-masing kota tidak melaju pesat. (Samsul Arifin – sisidunia.com)