Home » News » Indonesia Belum Bisa Menjadi Negara Maju, Sebab Persoalan Banjir Tak Kunjung Selesai

Indonesia Belum Bisa Menjadi Negara Maju, Sebab Persoalan Banjir Tak Kunjung Selesai



Jakarta – Kapan ya negara Indonesia bisa menjadi negara yang sudah maju, itulah harapan dan impian masyarakat bahkan juga pemerintahan sendiri. Sebenarnya Indonesia mempunyai target jika di tahun 2030 negara ini akan maju, tetapi apakah mungkin jika masalah kecil seperti banjir saja belum bisa terselesaikan.

Indonesia Belum Bisa Menjadi Negara Maju, Sebab Persoalan Banjir Tak Kunjung Selesai

Masih sangatlah jauh jika kita mengharapkan Indonesia bisa menjadi negara maju, karena masih ada permasalahan yang belum bisa terselesaikan bahkan hingga 50 tahunn terakhir ini. Seperti contohnya banjir, belum lagi soal perekonomian. Dan permasalahan ini sudah ada sejak negara kita telah resmi merdeka.

Saat kami menemui Darmin Nasution selaku Ketua Umum Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) mengungkapkan, “janganlah kita bahas soal jangka panjang terlebih dahulu, coba kita selesaikan persoalan jangka pendek seperti misalnya masalah banjir, itu saja belum bisa teratasi kok sudah mau memikirkan bagaimana mau maju”, katanya ssaat berada di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (6/2/1024).

Dengan persoalan sepele yang tak kunjung selesai inilah, yang membuktikan kalau negara kita tidak mempunyai prinsip yang harus dijalankan, seperti halnya jalan yang sudah dibangun sejak namun tidak punya pondasi yang kuat.

Sebab memang tidak adanya prinsip dalam menjalankan pembangunan tersebut, ingin membangun apa tetapi tidak jelas apa yang akan dibuatnya. Dan itu masalah lama yang sudah pernah dialami, sama halnya dengan banjir.

Menurut Darmin, kenapa baru sekarang terlihat begitu banyak para pejabat pemerintahan yang turun ke jalan ingin melihat keadaan sekitar yang mengalami banjir, itu merupakan cerita lama yang seharusnya sudah dilakukan sejak dahulu.

Sebenarnya inti dari permasalahan ini adalah harus adanya program perekonomian yang benar-benar dijalankan, baik itu mencangkup jangka panjang atau jang pendek. Karena tidak lama lagi sekita kurang lebih 15 hingga 30 tahun lagi Indonesia akan mengalami persoalan yang lebih berat dari ini, yaitu jebakan kelas menegah atau dikenal dengan istilah middle income trap.

“Bisa jadi masalah jangka panjang bukan lagi masalah yang gampang, karena dengan timbulnya persoalan middle income trap ini akan menyangkut semuanya seperti politik kelembagaan yang bisa jadi tidak bisa sejalan”, ujar Darman Nasution. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)