Home » News » Yunus Ditunjuk SBY Sebagai Panel Ahli Hakim MK

Yunus Ditunjuk SBY Sebagai Panel Ahli Hakim MK



Jakarta โ€“ Yunus Husein yang dahulunya menjabat sebagai mantan kepala Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK), ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai anggota panel ahli.

Yunus Ditunjuk SBY Sebagai Panel Ahli Hakim MK

Nantinya Yunus akan melakukan seleksi atas calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam pesan singkatnya, Selasa (4/2/2014), Komisioner Komisi Yudisial bidang Hubungan Antar Lembaga, Imam Anshori Saleh mengungkapkan bahwa saat ini surat Presiden telah masuk ke dalam KY tepatnya pada Kamis kemarin.

Bahkan Imam memiliki pendapat bahwa sebagai seorang yang pernah menjabat sebagai kepala PPATK tentunya Yunus cukup memiliki integritas tinggi. Sehingga dengan pencalonan Yunus, Imam sangat optimis dengan pengalaman yang dimilikinya.

Sebagai informasi bahwa panel ahli seleksi hakim MK ini diamanatkan dalam sebuah Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang diubah menjadi Undang-Undang MK, yang nantinya memiliki tugas untuk melakukan seleksi atas calon hakim konstitusi.

Berdasarkan peraturan KY Nomor 9 Tahun 2013 terkait panel ahli, nantinya ada sekitar tujuh orang yang akan memiliki kedudukan sebagai panel ahli. Dimana terdiri dari satu orang usulan yang berasal Mahkamah Agung (MA), satu orang usulan dari DPR, satu orang usulan dari Presiden serta empat orang usulan yang berasal KY. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)