Home » Travel & Kuliner » Arkeolog Mesir Temukan Piramida Baru

Arkeolog Mesir Temukan Piramida Baru



Surabaya – Jika berbicara tentang lokasi wisata diwilayah Mesir tentu tempat tujuan utamanya tak jauh dari Piramida, bangunan berbentuk segitiga yang memiliki nilai sejarah begitu tinggi. Dan mengenai hal itu, para arkeolog Mesir Selatan belum lama ini menemukan piramida berusia jauh lebih tua dibandingkan Piramida Giza.

Arkeolog Mesir Temukan Piramida Baru

Piramida Edfu
Credit Photo : Courtesy Tell Edfu Project at the University of Chicago’s Oriental Institute.

Sebagaimana diungkapkan InternationalBusinessTimes, Senin (03/02/2014), penemuan piramida kuni berusia diperkirakan sekitar 2600 SM tersebut ditemukan didekat Edfu, yaitu sebuah pemukiman kuno yang berlokasi kurang lebihnya 750 kilometer sebelah selatan Kairo, di tepi barat Sungai Nil, sehingga disebut piramida Edfu.

Para arkeolog setempat pun menyatakan dasar piramida hasil temuan terbaru itu pernah memiliki ketinggian 43 meter sebelum akhirnya terdegradasi akibat pelapukan selama 4.600 tahun sehingga tingginya kini hanya mencapai 16 kaki dari dasar piramida hingga kebagian paling atas dengan bentuk desain bangun tanpa ruang dibagian dalamnya.

Gregory Marouard selaku salah satu peneliti dari ‘University of Chicago’s Oriental Institute’ mengatakan, “Persamaan dari satu piramida dengan yang lainnya sangat menakjubkan, dan pasti ada rencana bersama. Pembangunan itu sendiri mencerminkan perawatan tertentu dan keahlian nyata dalam penguasaan konstruksi batu.”

Dan terkait bentuk desain bangungannya, tidak terdapat ruang didalam piramida Edfu sehingga dimungkinkan dibangun bukan untuk tujuan penguburan. Mengenai tujuannya tersebut, para arkeolog setempat sampai saat ini masih memperdebatkannya. Namun banyak dari mereka percaya piramida itu diciptakan sebagai simbol kekuasaan raja. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)