Home » News » Jalanan Jakarta Rencananya Dibeton

Jalanan Jakarta Rencananya Dibeton



Jakarta โ€“ Rencananya pada tahun ini, pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta mengganti jalanan aspal yang ada di Jakarta dengan beton. Hal ini dikarenakan kualitas dari jalan beton dinilai memiliki kekuatan lebih jika dibandingkan dengan jalanan aspal.

Jalanan Jakarta Rencananya Dibeton

Dalam keterangan persnya, di Balai Kota Jakarta, Senin (3/2/2014), Kepala Dinas PU DKI, Manggas Rudy Siahaan mengungkapkan bahwa jika hotmix (aspal) pemeliharaan yang harus dilakukan setiap enam bulan sekali. Namun jika beton, pengecekannya dapat dilakukan lima tahun nanti.

Diharapkan nantinya jalan busway juga akan menggunakan beton. Namun sepertinya untuk saat ini pihak Dinas PU masih fokus terkait kerusakan jalan dikarenakan banjir. Hal ini dikarenakan untuk memprosesan beton, butuh dua minggu untuk dapat dilalui oleh kendaraan.

Ditegaskan oleh Manggas bahwa nanti baik dinas, sudin serta 42 kecamatan akan bergerak semua. Sedangkan untuk jalanan nasional akan dikoordinasikan dengan pihak kementrian terkait. Sedangkan dari Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan Dinas PU DKI, Juaini mengungkapkan bahwa untuk pembetonan dibutuhkan dana sekitar Rp145 miliar.

Dimana Rp75 miliar diperuntukkan jalan kampung yang tersebar di lima wilayah, dimana masing-masing jalan kampong dialokasikan sebesar Rp15 miliar. Sedangkan untuk jalan yang ada di tengah kota sebesar Rp10 miliar tiap wilayah atau sekitar Rp50 miliar untuk seluruh wilayah.

Untuk jalur dari bus transjakarta yang rusak dialokasikan sebesar Rp20 miliar. Dimana anggaran tersebut diutamakan untuk jalanan yang mengalami rusak-rusak dan rawan genangan.(Maria Ulfa – sisidunia.com)