Home » News » Kim Jong-Un Kini Lebih Fokus Inspeksi Militer

Kim Jong-Un Kini Lebih Fokus Inspeksi Militer



Pyongyang โ€“ Setelah beberapa waktu lalu Kim Jong Un sebagai pemimpin Kores Utara (Korut), mengeksekusi mati pamannya sendiri, Jang Song Taek, kini inspeksi militer terus diperkuat olehnya. Bahkan inspeksi tersebut langsung dilakukan oleh Kim Jong Un.

Kim Jong-Un Kini Lebih Fokus Inspeksi Militer

Seperti yang dikutip dari Kantor Berita Yonhap, Sabtu (1/2/2014), di bulan Januari ini memang Jong-Un lebih sering tampil didepan publik. Dimana hampir sebagian besar penampilannya ditujukan untuk kepentingan Korut.

Tidak dipungkiri memang setelah Jang Song Taek dieksekusi, sepertinya kehadiran Jong-Un di militer Korut ingin diperkuatnya. Walaupun hadirnya pimpinan Korut dalam inspeksi militer bukanlah sebuah hal yang istimewa, namun dengan meninggalnya Jang, sepertinya pemimpin muda dari Korut ini ingin membuktikan bahwa ia adalah pemimpin Korut yang sebenarnya.

Tercatat pada awal Januari kemarin, Jong-Un telah mengunjungi pos komando dan juga fasilitas pembekuan yang dimiliki oleh Kementerian Militer Korut. Bahkan ia juga ikut berpartisipasi dalam penampilan band militer yang dimiliki oleh Negara Komunis tersebut.

Selain itu Jong-Un juga menyaksikan latihan Angkatan Udara Korut serta pasukan khusus yang selama musim dingin ini melaksanakan latihan secara rutin. Apa yang dilakukan oleh Jing-Un ini jauh berbeda ketika di tahun 2013.

Dimana pada saat itu sepertinya Jong-Un lebih fokus terhadap inspeksi ekonomi,. Yang Moo-Jin sebagai peneliti University of North Korean Studies, berpendapat bahwa inspeksi yang dilakukan oleh Kim Jong-Un saat ini tidak lain bertujuan untuk menaikkan moralitas militer serta menunjukkan adanya komitmen atas keamanan nasional.

Diprediksi inspeksi Jong-Un ini bertujuan untuk menunjukkan adanya kestabilan atas dieksekusinya Jang Song Taek. Sebagaimana yang diketahui bahwa Jong Song Taek merupakan paman Kim Jong-Un yang pada Desember 2013 lalu elah dieksekusi mati. Jang sendiri dahulunya adalah orang terkuat kedua yang berasal dari Korut serta banyak yang menganggap bahwa dalam militer Korut posisi Jang Song cukup kuat. (Mohammad Noval – sisidunia.com)