Home » News » Thailand Bersiap Kerusuhan Jelang Pemilu

Thailand Bersiap Kerusuhan Jelang Pemilu



Bangkok – Pemilu yang akan dilangsungkan di Thailand, mendapatkan kencaman dari kelompok massa anti-pemerintah Thailand dengan melakukan penyerbuan di beberapa tempat di lokasi terselenggaranya pemilu.

Thailand Bersiap Kerusuhan Jelang Pemilu

Bahkan puluhan ribu anggota kepolisian telah dipersiapkan dengan tujuan untuk membantu pengamanan. Sebagaimana diketahui pemerintah Thailand merencanakan pemilu pada tanggal 2 Februari 2014 nanti. Namun massa anti-pemerintah memberikan penolakan atas pelaksanaan pemilu tersebut.

Bahkan dikabarkan ada sekitar 10 warga meninggal akibat adanya kerusuhan kepolisian Thailand dengan massa anti-pemerintah yang melakukan protes sejak tiga bulan yang lalu. Banyak pengamat yang mengkhawatirkan terjadinya kerusuhan dalam pemilu untuk kali ini.

Hal ini dikarenakan massa-anti pemerintahan menuntut agar PM Thailand, Yingluck Shinawatra segera lengser dari jabatannya saat ini.Seperti yang dilansir dari Reuters, Jumat (31/1/2014), peneliti senior Human Rights Watch, Sunai Phasuk mengungkapkan bahwa saat ini Thailand dalam kondisi waspada terjadinya konflik.

Hal ini dikarenakan massa yang sudah menduduki wilayah Bangkok ingin agar segera dibentuk Dewan Rakyat Lembaga yang nantinya memiliki tugas untuk dapat mengarahkan reformasi, mengatasi korupsi serta mengatasi adanya dugaan pembelian suara dari kubu Yingluck.

Karena bagi kelompok oposisi, keberadaan Yingluck sama hal nya seperti boneka yang dimainkan oleh kakaknya, mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra. Dimana untuk saat ini Thaksin masih berada di pengasingan luar untuk menghindari kasus korupsi yang dilakukannya.

Ditambah lagi keputusan Yingluck dengan memberikan amnesty kepada Thaksin juga memicu massa dari “Kaus Kuning” untuk langsung turun ke jalanan. Bahkan mereka menginginkan Yingluck segera mundur sehingga protes akan dihentikannya.(Maria Ulfa – sisidunia.com)