Home » Travel & Kuliner » Mata-mata Kanada Gunakan Bandara Wi-Fi untuk Lacak Wisatawan

Mata-mata Kanada Gunakan Bandara Wi-Fi untuk Lacak Wisatawan



Kanada – Bandara akan dijadikan salah satu tempat yang menjadi sasaran agen mata-mata melalui penggunaan Wi-Fi dimana kehadirannya difungsikan untuk melacak pergerakan wisatawan. Alat tergunakan ditinggalkan diterminal menggunakan teknologi pengawasan “game-changing” hasil pengembangan dengan bantuan dari NSA.

Mata-mata Kanada Gunakan Bandara Wi-Fi untuk Lacak Wisatawan

Ilustrasi

Lansiran CNET, Jum’at (31/01/2014), agen mata-mata Kanada dinyatakan menggunakan informasi yang ditangkap melalui sistem Wi-Fi gratis di “bandara besar Kanada” dimana semuanya itu dipakai untuk melacak wisatawan selama berhari-hari setelah terminal bandara ditinggalkan sebagaimana dokumen bocoran Edward Snowden.

Pada prosesnya itu, pihak ESKA dinyatakan telah mendapatkan sejumlah terkait didalamnya, namun tidak ada konfirmasi mengenai bagaimana bisa ESKA memilikinya. Disisi lain, dua bandara terbesar di Kanada, Toronto serta Vancouver disampaikan tidak pernah diberikan informasi para pihak terkait mengenai hal tersebut.

Dalam sebuah pernyataan tertulisnya, sebagaimana tersampaikan sumber lansiran, ESKA mengatakan hal itu sebgaai “mandat untuk mengumpulkan sinyal intelijen asing demi melindungi Kanada. Dan untuk memenuhi peran intelijen asing utama bagi negara, ESKA secara hukum berwenang mengumpulkan serta menganalisisnya.”

Lebih jauh, Presiden Amerika Serikat Barrack Obama memberikan pengumuman diawal bulan ini bahwa reformasi “pekerjaan dimulai” untuk NSA dan beberapa langkah awal telah diambil, termasuk diantaranya langkah guna mencegah penyalahgunaan program massal telepon dengan sejumlah catatan khusus penggunaannya. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)