Home » News » Usai Diperiksa KPK, Anas Sebut Ibas dan Sindir SBY

Usai Diperiksa KPK, Anas Sebut Ibas dan Sindir SBY



Jakarta – Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang kini mendekam dibalik jeruji menyebut Edhie Baskoro Yudhoyono atau biasa disebut Ibas layak untuk diperiksa oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi. SisiDunia mendapati pernyataan tersebut dilontarkan pembentuk oraganisasi PPI itu setelah menjalani pemeriksaan, Gedung KPK, Jakarta, Rabu (29/1/2014).
Usai Diperiksa KPK, Anas Sebut Ibas dan Sindir SBY
“Kalau saya ditanya apakah Mas Ibas layak dimintai keterangan oleh KPK, menurut saya layak,” ungkap Anas Urbaningrum. Sebagai salah satu alasannya karena Edhie Baskoro Yudhoyono ketika berlangsungnya kongres pemilihan Ketum Partai Demokrat bertindak sebagai ketua tim sukses untuk kandidat lainnya, yaitu Andi Mallarangeng.

Pada pernyataannya tersebut, Anas tidak menyebutkan bahwa Ibas turut serta terlibat dalam kasus yang membelitnya saat ini karena dianggapnya sebagai wewenang dari KPK. Namun mantan Ketum PD itu menegaskan posisi Edhie Baskoro Yudhoyono merupakan mantan ketua dikongres tersebut sehingga tak salah jika ingin meminta keterangan secara lengkap terkait kongres.

“Tapi terus terang saya tidak menyarankan apa-apa ke KPK. Saya tidak menyarankan mas Ibas diperiksa. Saya juga tidak menghalang-halangi mas Ibas untuk diperiksa,” imbuhnya. Anas pun memberikan pernyataan dengan nada sindiran dimana pendiri ormas PPI itu mengatakan pemanggilan seseorang sebagai saksi merupakan kewenangan dari pihak KPK.

Dan selalu terdapat alternatif didalam pemanggilannya tersebut. “Alternatif pertama, bisa saja Pak SBY mengantar Ibas ke sini untuk dimintai kesaksian. Alternatif kedua, bisa juga KPK memeriksa mas Ibas misalnya di Istana,” ujar mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)