Home » News » Seharusnya BPBD Tiap Daerah Ada

Seharusnya BPBD Tiap Daerah Ada



Bandung โ€“ Pihak DPRD dari Provinsi Jawa Barat saat ini masih memberikan perhatian atas bencana yang terjadi di beberapa wilayah dan masih ada beberapa kabupaten ataupun kota yang ada di Jawa Barat belum mempunyai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Seharusnya BPBD Tiap Daerah Ada

Dimana daerah-daerah yang tidak memiliki BPBD adalah Kota Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Karawang. Dalam keterangan persnya, bertempat di Kota Bandung, Rabu (29/1/2014), Ketua Komisi E DPRD Jawa Barat, Didin Supriadin mengungkapkan bahwa sebenarnya secara prinsip memang keberadaan dari BPBD ini penting ada di daerah yang tersebar di wilayah Jawa Barat, terlebih lagi untuk beberapa daerah yang sangat rawan terjadinya bencana.

Karena dengan adanya BPBD ini maka pencegahan serta penanggulangan terjadinya bencana dapat dilakukan secara maksimal. Hal ini tidak lain dikarenakan tugas dari BPBD adalah untuk mengatasi bencana yang terjadi di sekitarnya.

Sehingga jika ada daerah yang tidak mempunyai BPBD maka akan dilakukan oleh dinas yang terkait. Tentunya hal ini akan menyulitkan koordinasi. Terkait hal ini, maka Ahmad Heryawan selaku Gubernur Jawa Barat menyetujui adanya pembentukan BPBD daerah.

Nantinya untuk pembentukan tersebut, Gubernur akan mengundang beberapa pimpinan daerah dengan tujuan memaparkan situasi serta kondisi dari daerahnya apakah perlu pembentukan BPBD atau tidak. Dengan demikian, maka Bupati dan wali kota harus proaktif atas pembentukan BPBD.

Ahmad Heryawan juga mengungkapkan bahwa peran BPBD sebenarnya penting di tiap-tiap daerah, bukan semata-mata sebagai kepentingan sesaat. Karena tidak ada yang tahu kapan bencana tersebut akan terjadi. (Maria Ulfa – sisidunia.com)