Home » News » Kondisi Libya Hingga Kini Belum Kondusif

Kondisi Libya Hingga Kini Belum Kondusif



Tripoli – Terhitung delapan tahun setelah tergulingnya Muammar Gaddafi, situasi kondisi wilayah Libya hingga saat ini tergolong dalam keadaan belumlah kondusif. Pihak pemerintah setempat sekarang tampak masih berjuang keras untuk dapat mengendalikan pemberontak bersenjata berat yang sering bertentangan dengan pihak pemerintah.

Kondisi Libya Hingga Kini Belum Kondusif

Salah al-Marghani
Credit photo : Reuters/Ismail Zitouny

Salah al-Marghani selaku pejabat dari Departemen Kehakiman Libya mengatakan pihak pemerintah setempat sudah berupaya melakukan kontak untuk membebaskan para diplomat (6 staf kedutaan Mesir) yang dinyatakan telah ditangkap sekelompok orang tepat diwilayah Tripoli pada hari ini, berdasar lansiran dari Reuters, Sabtu (25/01/2014).

“Kami mengutuk dan menolak apa yang telah terjadi di sini sebagai reaksinya. Mereka yang menahan para diplomat Mesir melakukan kesalahan besar, bagi dirinya dan bagi Libya,” ungkap Al-Marghani. Sejatinya Salah tidak menuduh pihak atau kelompok manapun. Akan tetapi Ruang Operasi milisi Revolusioner Libya sehari sebelumnya memberi sebuah pernyataan.

Pihak milisi Revolusioner Libya sehari sebelumnya menyatakan telah menangkap Hadia di Mesir. Disisi lain, Adel al-Gharyani selaku komandan dari kelompok militan secara resmi mengatakan penolakan jika dinyatakan terlibat dalam penculikan enam staf kedutaan Mesir tersebut. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)