Home » News » Akhirnya Sudan Selatan Melakukan Gencatan Senjata

Akhirnya Sudan Selatan Melakukan Gencatan Senjata



Juba โ€“ Pada akhirnya gencatan senjata diantara Pemerintah Sudan Selatan dengan kelompok pemberontak telah disepakati. Dengan adanya kesepakatan itu maka menjadi alat untuk menghentikan pertempuran yang sudah berlangsung selama satu bulan.

Akhirnya Sudan Selatan Melakukan Gencatan Senjata

Walaupun berlangsung sebentar namun konflik Sudan Selatan ini sudah menelan korban jiwa sebanyak 1.000 jiwa. Dimana perundingan atas gencatan senjata yang terjadi di Sudan Selatan ini yang menjadi penengah adalah Ethiopia.

Seperti yang dilansir dari Reuters, Jumat (24/1/2014), mediator asal Ethiopia yang bernama Seyoum Mesfin mengungkap bahwa krisis yang sedang dihadapai oleh Sudan Selatan ini wajar dialami oleh banyak Negara muda.

Dengan adanya gencatan senjata ini maka mendapatkan sambutan baik dari komunitas internasional. Bahkan Presiden Amerika Serikat (AS). Barack Obama mengharapkan agar kedua belah pihak menghentikan pertikaian.

Bahkan Obama juga berujar bahwa Sudan Selatan harus memiliki komitmen untuk menjalankan perdamaian, selain itu untuk pelaku kejahatan agar segera di adili di pengadilan. Sebagaimana yang diketahui bahwa konflik Sudan Selatan dipicu karena pada tahun lalu Presiden Sudan Selatan Salva Kiir telah memecat Wakil Presiden Riek Machar serta anggota cabinet yang lainnya. Namun kemudian terkait hal ini maka para pendukung dari Macahar memutuskan untuk mengangkat senjata untuk melakukan perlawanan kepada pemerintah. (Maria Ulfa – sisidunia.com)