Home » News » Afrika Tengah Sudah Tunjuk Presiden Sementara

Afrika Tengah Sudah Tunjuk Presiden Sementara



Bangui – Catherine Samba-Panza telah resmi ditunjuk oleh Parlemen Afrika Tengah untuk memangku jabatan sebagai Presiden sementara. Sebelumnya memang Catherine menduduki jabatan sebagai Wali Kota Bangui, Ibu Kota Afrika Tengah.

Afrika Tengah Sudah Tunjuk Presiden Sementara

Memang ditunjukkan Catherine ini setelah di awal tahun ini Presiden Michael Djotodia mengundurkan diri dari jabatannya. Alasan Djotodia lengser dari jabatannya dikarenakan ia tidak dapat membendung perselisihan agama yang terjadi di Negara bekas jajahan dari Prancis.

Seperti yang dikutip dari Reuters, Selasa (21/1/2014), Catherine, mengungkapkan bahwa ia merupakan Presiden Afrika Tengah tanpa adanya pengecualian. Sehingga diharapkan para milisi anti-balaka serta seleka untuk dapat meletakkan senjata dan mau mendengarkannya.

Terkait penunjukan Catherine ini disambut gembira, terutama oleh rakyat Bangui. Bahkan mereka sempat menari dan juga bernyanyi berharap agar dengan ditunjuknya Catherine ini dapat membawa penyegaran baru di negeri yang kaya akan mineral ini.

Untuk diketahui bahwa Catherine adalah politisi senior yang berasal dari Afrika Tengah yang lahir di Chad dan ketika usianya mencapai 18 tahun pindah ke Afrika Tengah. Selain itu Catherine merupakan satu dari tiga pimpinan perempuan yang berasal dari Benua Afrika.

Karena sebelumnya ada Joyce Banda dan Ellen Johnson-Sirleaf yang ditunjuk sebagai Kepala Negara di Malawi dan Liberia. (Maria Ulfa – sisidunia.com)