Home » Otomotif » Malaysia Membuat Kebijakan Baru untuk Memikat Investiasi Otomotif Asing

Malaysia Membuat Kebijakan Baru untuk Memikat Investiasi Otomotif Asing



Malaysia – Kebijakan besar guna memikat investasi otomotif asing diterapkan oleh pemerintah Malaysia. Jika sebelumnya lisensi hanya diperbolehkan untuk proses pembuatan unit kendaraan roda emat dengan mesin 1.8 liter atau lebih besar, kebijakan terbarunya ini dipastikan sangat jauh berbeda dan pertama kalinya.

Malaysia Membuat Kebijakan Baru untuk Memikat Investiasi Otomotif Asing

Logo Malaysia Automative Institute

Berdasarkan lansiran pada Bloomberg, Minggu (19/01/2014), M. Madani Sahari selaku CEO Malaysia Automotive Institute, sebuah unit dari Kementerian Perdagangan, menyatakan Malaysia akan selektif didalam mencari investasi asing yang akan membawa teknologi canggih dan menawarkan kustomisasi insentif untuk menarik perusahaan terkait.

“Ini adalah masalah besar karena sebelumnya kita tidak mengeluarkan izin,” ungkapnya. Kebijakan baru dinyatakan akan segera efektif dan lebih membuka persaingan pembuat unit nasional Proton Holdings Bhd (PROH) terhadap perusahaan asing. Hal ini juga diungkapkan dapat melonggarkan pembatasan mobil asing.

Dan kebijakan baru tersebut disampaikan diharapkan dapat bersaing dengan Thailand dari sisi manufaktur unit kendaraan roda empat berpenumpang lebih kecil, terlebih karena Thailand saat ini sedang terperosok dalam protes politik yang bertujuan menggulingkan pemerintah Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)