Home » News » Gempa 6,3 SR Mengguncang Selandia Baru

Gempa 6,3 SR Mengguncang Selandia Baru



Palmerston – Pada Senin 20 Januari 2014, wilayah utara Pula Selandia Baru terguncang gempa bumi. Dari keterangan yang didapat, gempa tersebut memiliki kekuatan 6,3 skala rich tepatnya di sebelah tenggara dari Kota Palmerston.

Gempa 6,3 SR Mengguncang Selandia Baru

Seperti yang dikutip dari Reuters, Senin (20/1/2014), besarnya guncangan gempa sampai dirasakan hingga di Wellington, Ibu Kota Selandia Baru. Walaupun demikian sampai saat ini kabarnya tidak ada kerusakan ataupun korban jiwa.

Memang Selandia Baru memiliki lokasi di “Cincin Api” untuk wilayah Pasifik. Seperti halnya Indonesia, wilayah Selandia Baru memiliki beberapa gunung api yang masih aktif. Tercatat di tahun 2011, gempa besar pernah melanda wilayah tersebut. Bahkan Kota Christchurch hancur dan menewaskan sekitar 185 orang.

Pada awalnya Chrischurch diguncang gempa dengan kekuatan 5,5 SR, namun tak berselang lama diikuti gempa susulan yang memiliki kekuatan 6 SR. Memang gempa yang melanda kota Christchurch meluluhlantakkan Kota, bahkan aliran listrik yang ada di enam ribu rumah harus diputus untuk sementara pada saat terjadi bencana.(Maria Ulfa – sisidunia.com)