Home » News » Dokter Jaga Sebaiknya Standby di Lokasi Pengungsian Banjir

Dokter Jaga Sebaiknya Standby di Lokasi Pengungsian Banjir



Jakarta โ€“ Efek banjir yang melanda ibu kota Jakarta, mau tidak mau akan menyebabkan permasalahan kesehatan. Hal ini tentunya akan menjadi prioritas dari pemerintah terlebih lagi untuk beberapa warga yang ada di pengungsian.

Dokter Jaga Sebaiknya Standby di Lokasi Pengungsian Banjir

Sehingga diharapkan tersedianya dokter jaga di beberapa tempat-tempat pengungsian. Dalam keterangan pers, Sabtu (18/1/2014), dokter dr PT Jamsostek Ari Yusnita mengungkapkan bahwa tujuan diberikan dokter di tempat pengungsian tidak lain bertujuan agar para korban banjir dapat memeriksakan kesehatan serta dapat dilakukan pengawasan secara intensif.

Karena pada umumnya pasca bencana banjir, ketersediaan dokter jaga sangat penting untuk dapat mengantisipasi berbagai penyakit yang timbul seperti diare, ISPA, penyakit kulit, leptospirosis serta tifus. Dimana jika tidak adanya penanganan yang tepat dapat menyebabkan kematian.

Tidak dipungkiri bahwa bencana banjir ini memang sudah menjadi langganan di Indonesia. Sehingga ada banyak pelajaran dan juga beberapa langkah untuk mengantisipasi bencana banjir. Jika persiapan matang dilakukan maka masalah untuk mengantisipasi kesehatan pasca banjir dapat dengan mudah untuk diatasi, ungkap Ari.

Ada banyak factor yang perlu diperhatikan disekitar lokasi pengungsian, seperti makanan, kebersihan serta tersedianya air bersih . Dan yang penting lainnya adalah tempat kakus yang dipergunakan untuk para pengungsi sehingga tidak mengotori lingkungan sekitar.

Karena jika air dan makanannya tidak bersih dengan lingkungan yang kotor akan menjadi tempat tumbuhnya bakteri penyakit masuk ke dalam tubuh. Terlebih lagi jika ada luka di kaki, sehingga lingkungan pengungsian yang nyaman dan kering dapat menghindarkan para korban banjir dari berbagai penyakit. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)