Home » News » Pihak Australia Berikan Tembakan Untuk Mengusir Para Pencari Suaka

Pihak Australia Berikan Tembakan Untuk Mengusir Para Pencari Suaka



Canberra โ€“ Para pencari suaka dengan tujuan Australia, didepak ke perairan wilayah Indonesia. Jika dituntut ini merupakan kali ketiganya sejak 31 Desember 2013, pihak Australia melakukan hal yang sama. Bahkan dalam aksinya para personel Angkatan Laut Australia menggunakan tembakan untuk melakukan pengusiran.

Pihak Australia Berikan Tembakan Untuk Mengusir Para Pencari Suaka

Walaupun dari pihak Indonesia menyatakan keberatannya, namun sepertinya Negeri Kanguru itu tidak mengindahkannya. Tercatat sebelumnya, ada sekitar dua kapal pencari suaka yang ingin melakukan pendaratan di Australia, namun oleh pihak Angkatan Laut Australia kedua kapal tersebut diusir keluar.

Dimana untuk saat ini para penumpang dari kedua kapal tersebut ada didalam sebuah penampungan yang ada di Pulau Rote. Seperti yang Fairfax Media, Kamis (16/1/2014), berdasarkan keterangan Kepolisian Indonesia bahwa kapal itu memiliki penumpang sekitar 25 orang yang berasal dari Bangladesh dan Myanmar.

Sedangkan 2 awak kapal berasal dari Indonesia. Berdasarkan keterangan dari Snilul, seorang warga Bangladesh terungkap bahwa untuk menakuti kapal para penari suaka tersebut pihak AL Australia memberikan tembakan peringatan.

Atas insiden ini, beruntung tidak menelan korban jiwa. Snilul mengungkapkan bahwa kapal yang ditumpangi berangkat dari Medan, Sumatera Utara untuk kemudian berlayar 10 hari. Namun dengan adanya pengusiran dari pihak Australia, menyebabkan kapal kembali berlayar ke pesisir selatan dari Pulau Jawa.

Saat ini para pencari suaka tersebut berada di hotel di Rangkasbitung. Sayangnya setelah dilakukan penelusuran oleh Fairfax Media, saat ini keberadaan dari para pencari suaka tersebut ternyata sudah keluar dari hotel dan belum tahu kemana perginya mereka. (Maria Ulfa – sisidunia.com)