Home » News » Perpecahan Oposisi Suriah Untungkan Pasukan Assad

Perpecahan Oposisi Suriah Untungkan Pasukan Assad



Damaskus โ€“ Hampir sebagian dari wilayah Kota Allepo berhasil dikuasai oleh pasukan pemerintah Suriah dari tangan oposisi. Alhasil pihak pemerintah Suriah mencoba untuk memanfaatkan perpecahan di kubu oposisi.

Perpecahan Oposisi Suriah Untungkan Pasukan Assad

Dimana perpecahan tersebut terjadi di antara kelompok Negara Islam yang ada di Irak dan Suriah (ISIS) yang memiliki afiliasi dengan Al Qaeda yang berbentrok dengan kelompok oposisi yang lainnya. Seharusnya mereka saling bekerja sama, namun ISIS malah melakukan penyerangan jika ada kelompok oposisi yang dirasa berseberangan dengan pihaknya.

Seperti yang dikutip dari Reuters, Rabu (15/1/2014), berdasarkan pernyataan militer Suriah terungkap bahwa pasukan pemerintah berhasil merebut daerah Naqareen, Zarzour, Taaneh, dan Subeiheh yang berada di timur Kota Allepo.

Perselisihan terus terjadi, padahal seharusnya sebentar lagi akan dilangsungkan Konferensi Jenwa II yang memiliki tujuan damai yang diperuntukkan bagi Suriah. Namun sepertinya pertemuan tersebut terancam batal dikarenakan oposisi Suriah memberikan dukungan kepada Negara Barat sehingga menyebabkan Dewan Nasional Suriah tidak mau untuk hadir.

Untuk diketahui bahwa Dewan Nasional Suriah ini memiliki keinginan untuk mau berunding jika Assad mau mundur dari jabatannya untuk saat ini. Bahkan dengan tegas diungkapkan bahwa tidak akan ada perundingan jika Assad belum lengser dari tahtanya.

Sebagaimana yang diketahui bahwa sejak tahun 2011 lalu, memang konflik Suriah sudah mulai menghangat. Bahkan PBB telah mencatat ada sekitar 130 ribu jiwa melayang dan jutaan yang lainnya harus kehilangan tempat tinggalnya. (Maria Ulfa – sisidunia.com)