Home » News » Tips Mobil Terjebak Banjir

Tips Mobil Terjebak Banjir



Jakarta – Banjir yang saat ini melanda wilayah Jakarta, tidak dipungkiri membuat kendaraan anda menjadi mogok. Lalu yang menjadi pertanyaan saat ini adalah apa yang akan anda lakukan agar kendaraan anda tidak semakin parah ketika banjir menggenang dimana-mana?

Tips Mobil  Terjebak Banjir

Kepada wartawan sisidunia, Senin (13/1/2014), Marketing Communication and PR Head PT Asuransi Astra Buana, Laurentius Iwan Pranoto mengungkapkan bahwa jika sudah ada genangan air dan kendaraan anda mogok, sebaiknya jangan mencoba untuk dihidupkan. Hal ini dikarenakan dapat memperparah kondisi kendaraan anda.

Lebih baik anda mendorongnya untuk berada di pinggiran. Iwan juga mengungkapkan bahwa saat ini banyak dari konsumennya yang meminta bantuan dikarenakan mobilnya mogok karena banjir. Bahkan telepon terus barbering mengharapkan bantuan dikarenakan mobilnya mogok di daerah yang tergenang banjir.

Oleh karena itu pihak Garda Oto sudah menyiapkan tim siaga banjir untuk membantu para konsumennya. Dibawah ini ada beberapa tips yang disarankan oleh pihak Garda Oto ketika menghadapai banjir, seperti:
• Usahaka nuntuk tidak menyalakan mobil anda ketika sudah terkena banjir. Cobalah untuk memeriksa saringan udara, oli, perlengkapan kelistrikan serta pengapiannya.
• Jika memang kendaran anda sudah terjebak mobil, sebaiknya jangan dievakuasi. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah menutup ujung knalpot, mancabut aki, matika nmesin serta dorongla hmobil dengan jack stand.
• Jika mobil anda terjebak banjir dan kondisi mesin masih menyala dan kemudian mogok. Cobalah untuk matikan mesin, mencabut aki serta mendorongnya ketempat yang lebih aman.
• Usahakan untuk menjaga jarak aman untuk pengereman, usahakan untuk tidak menerobos genangan, selalu waspada jika ada lubang dan usahakan mencegah gelombang air masuk kedalam mesin.
• Jika mobil terendam air jangan nyalakan mesin mobil anda. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang semakin parah.
Semoga beberapa tips diatas dapat bermanfaat untuk Anda. (Mohammad Noval – sisidunia.com)