Home » News » Para Pendemo Ukraina Menggelar Aksi Pertamanya di Tahun 2014

Para Pendemo Ukraina Menggelar Aksi Pertamanya di Tahun 2014



Kiev โ€“ Untuk pertama kalinya di tahun 2014, para pendemo pro Uni Eropa menggela raksinya. Ada sekitar 50 ribu pendemo yang melakukan aksinya setelah libur natal dan juga tahun baru kemarin.
Demo yang bertempat di Independence Squareitu, mereka meneriakkan tuntutan yang masih sama yaitu mengharapkan agar Ukraina dalam masuk kedalam UE. Untuk diketahui bahwa demo ini dilansungkan hanya berselang satu hari setelah adanya kericuhan diantara para polisi Anti Huru Hara dengan masa yang anti terhadap pemerintahan.

Para Pendemo Ukraina Menggelar Aksi Pertamanya di Tahun 2014

Dalam demo tersebut ada puluhan demostran yang dikabarkan mengalami cedera. Seperti yang dikutip dari Reuters, Senin (13/1/2014), Pemimpin Oposisian mantan juara dunia tinju kelas erat Vitaly Klitschko mengungkapkan bahwa pihaknya masih memikirkan apa langkah yang diambil selanjutnya untuk kemudian agar demonstrasi berjalan dengan damai.

Konflik panas yang terjadi di Ukraina ini tidak lain disebabkan karena Presiden Ukraina Viktor Yanukovich tidak mau menandatangani adanya perjanjian perdagangan dengan pihak UniEropa.

Dimana sebenarnya dengan menandatangani perjanjian tersebut tentunya menjadi syarat agar Ukraina dapat masuk kedalam anggota UE.

Tidak dipungkiri bahwa memang mayoritas dari rakyat Ukraina menginginkan agar Negara pecahan Uni Soviet ini masuk kedalam anggota UE. Bahkan mereka memprediksi adanya tekanan yang berasal dari Rusia sehingga menyebabkan Ukraina gagal untuk masuk menjadi anggota UE. (Maria Ulfa – sisidunia.com)