Home » News » Banjir Jakarta Menjadi Permasalahan yang Kompleks

Banjir Jakarta Menjadi Permasalahan yang Kompleks



Jakarta โ€“ Ibu Kota Jakarta yang telah diguyur hujan deras tidak dipungkiri membuat beberapa wilayah mengalami kebanjiran. Sebut saja banjir yang terjadi di daerah Pondok Pinang, Kampung Pulo, Grogol, Petamburan, dan beberapa daerah yang lainnya.

Banjir Jakarta Menjadi Permasalahan yang Kompleks

Tidak dipungkiri bahwa dengan adanya banjir ini tentunya membuat kemacetan dan juga melumpuhkan semua aktifitas warga. Dari pengamatan tata kota, TjukKuswartojo, kepada wartawan sisi dunia, Senin (13/1/2014), mengungkapkan bahwa memang masalah banjir yang terjadi di Jakarta sudah menjadi permasalahan yang kompleks.

Bahkan ada banyak factor yang mempengaruhi di dalamnya, seperti kiriman air dari selatan, adanya curah hujan serta air laut yang pasang. Ditambah lagi penurunan kontur tanah yang ada di Jakarta membuat permasalahan banjir semakin kompleks.

Dari keterangan TjukKuswartojo terungkap bahwa beberapa system drainase di wilayah Jakarta saat ini keadaannya semakin parah. Bahkan perumbuhan dari drainase tidak sebanding dengan debir air yang datang ketika banjir melanda.

Ditambah lagi, ia juga menyayangkan dengan ketidakjelasan atas proyek Cengkareng Drain dan juga Cakung Drain. Karena saat ini keadaan drainase yang ada di Jakarta sudah banyak yang ditambal sulam. Dimana sebenarnya fungsi drainase ini nantinya dapat menyalurkan air yang melimpah yang merupakan kiriman dari selatan agar tidak masuk ke Jakarta namun langsung menuju ke laut. (RindiAyunda – sisidunia.com)