Home » News » Banjir di Malaysia Telan 1.299 Korban

Banjir di Malaysia Telan 1.299 Korban



Kota Baru – Banjir melanda sebagian besar wilayah di Indonesia utamanya Ibukota Jakarta akibatnya deras hujan turun secara terus menerus. Akan tetapi ternyata bukan hanya Indonesia, Malaysia yang notabene merupakan tetangga terdekat pun dirundung masalah serupa, yaitu terkena musibah banjir.

Banjir di Malaysia Telan 1.299 Korban

Banjir di Malaysia

Sebagaimana dilansir NewStraitsTimes, Senin (13/01/2014), banjir melanda wilayah Malaysia dan membuat setidaknya korban banjir hingga 1.299. Angka itu terhitung semakin meningkat dibandingkan sebelumnya yang mencapai 1.188. Dewan Keamanan Nasional Malaysia menyatakan sebanyak 1.224 korban dari Rantau Panjang.

Badai hujan yang menyerang negara Malaysia dinyatakan membuat air sungai Golok diwilayah Rantau Panjang terus mengalami peningkatan cukup signifikan. Jubir DKN Malaysia tersebut menyatakan, “Permukaan air dari Sungai Golok adalah di 10.40 m, yang berada di atas 1.40 m dari tanda bahaya.”

“Tingkat air pada pada titik-titik penilaian banjir lainnya juga meningkat dibandingkan dengan kemarin namun masih di bawah level bahaya,” imbuhnya. Ditambahkan pula lalu lintas jalanan antara Rantau Panjang menuju Panglima Bayu hingga saat ini masih tetap ditutup.

Disisi lain, lansiran pada TheBorneoPost, Senin (13/01/2014), sehari sebelumnya, PM Datuk Seri Najib Tun Razak memberikan adanya suatu jaminan kepada masyarakat setempat dimana pihak pemerintah akan segera melaksanakan proyek mitigasi banjir secara nasional, termasuk di Terengganu dan Pahang.

Adapun proyek tersebut dicanangkan guna meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan rakyat terkait dengan musibah banjir yang telah terjadi diwilayah Rantau Panjang. Hanya saja diungkapkan proyek itu membutuhkan anggaran dana besar. “Proyek seperti mitigasi banjir merupakan kebutuhan mendesak, tetapi biaya sangat tinggi,” ungkapnya. (Maria Ulfa – SisiDunia.Com)