Home » News » Irak Diprediksi Tidak Hadir Dalam Dialog Damai di Jenewa

Irak Diprediksi Tidak Hadir Dalam Dialog Damai di Jenewa



Teheran โ€“ Perundingan damai Suriah yang akan berlangsung pada bulan ini tepatnya di Jenewa, Swiss sepertinya pihak delegasi Iran telah memutuskan untuk tidak menghadirinya.
Hal ini diungkapkan oleh seorang pejabat di Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS). Pejabat yang dirahasiakan namanya tersebut telah memastikan tanggal 22 Januari 2014 tersebut nanti Iran sama sekali tidak akan mengikuti kegiatan tersebut baik secara resmi ataupun dalam acara non formal, demikian dilansir dari Reuters, Sabtu (11/1/2014).

Irak Diprediksi Tidak Hadir Dalam Dialog Damai di Jenewa

Memang sebelum mencuat kabar tersebut, Menteri Luar Negeri AS, John Kerry memang pernah mengindikasikan bahwa Iran tidak andil dalam acara tersebut. Bahkan Kerry menyatakan bahwa sepertinya Iran memiliki cara tersendiri untuk menyelesaikan permasalahannya dengan Suriah berdasarkan sudut pandang yang lain.

Padahal sebenarnya pertemuan Jenewa itu dimaksudkan untuk menemukan adanya solusi terhadap krisis yang terjadi di Suriah. Dimana sebenarnya Iran memiliki andil dalam krisis tersebut. Memang secara terbuka, Negeri Paramullah ini memberikan dukungan atas pemerintah Presiden Bashar Al Assad.Bahkan Iran juga membantu militer Suriah untuk memberantas para pemberontak. (Maria Ulfa – sisidunia.com)