Home » News » AS Berencana Melakukan Modernisasi Senjata Nuklirnya

AS Berencana Melakukan Modernisasi Senjata Nuklirnya



Washington โ€“ Pihak Amerika Serikat (AS) sepertinya memiliki rencana untuk memodernisasi senjata nuklir yang dimilikinya. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel yang menganggap bahwa sebenarnya modernisasi tersebut sangat penting untuk keamanan AS.

AS Berencana Melakukan Modernisasi Senjata Nuklirnya

Seperti yang dilansir dari Reuters, Kamis (9/1/2014), hagel membenarkan bahwa modernisasi senjata nuklir tersebut bertujuan untuk memberikan keamanan bagi AS agar selalu aman dari berbagai ancaman.
Tidak dipungkiri bahwa memang program tersebut tentunya butuh banyak sekali biaya dan juga sumber daya. Oleh karena itu untuk dapat mewujudkannya, pemerintah AS akan melakukan investasi.

Dimana program modernisasi tersebut tentunya butuh dana yang cukup besar hampir mencapai USD1 triliun atau setara dengan Rp12.193 triliun (Rp12.193 per USD) dan prosesnya diprediksi akan memakan waktu sekitar 30 tahun.

Rencana pemerintah AS sendiri mendapatkan lampu hijau dari para ahli nuklir yang ada di negaranya. Hal ini dikarenakan AS merasa terancam dengan perkembangan militer yang dimiliki oleh militer Rusia dan juga China.

Seorang pengamat nuklir AS, Clark Murdock, berpendapat bahwa ia tidak ingin bahwa Rusia memiliki pikiran bahwa senjata nuklir yang dimilikinya lebih superior daripada yang dimiliki oleh AS. Ditambah lagi saat ini untuk wilayah Asia Pasifik, memang China semakin agresif. Alhasil tidak mungkin bahwa AS menurunkan kemampuan dari senjata nuklir yang dimilikinya. (Maria Ulfa – sisidunia.com)