Home » News » Pihak Oposisi Suriah Berhasil Merebut Markas Al Qaeda

Pihak Oposisi Suriah Berhasil Merebut Markas Al Qaeda



Allepo โ€“ Pihak oposisi Suriah kabarnya berhasil merebut markas dari kelompok Negara Islam yang ada di Irak dan Suriah ISIS yang ada di Kota Allepo. Untuk diketahui bahwa ISIS adalah kelompok militan yang masih memiliki afiliasi dengan jaringan Al Qaeda.

Pihak Oposisi Suriah Berhasil Merebut Markas Al Qaeda

Bertempat di markas ISIS itu, pihak oposisi Suriah mengklaim bahwa ada banyak sekali jenazah yang ada disana. Diduga jenazah tersebut berasal dari para tawanan yang telah dieksekusi sendiri oleh para anggota dari ISIS.

Sebagai informasi bahwa pihak oposisi Suriah dan ISIS bertempur di daerah utara dan juga timur dari Suriah. Dimana sebenarnya kedua kelompok tersebut dahulunya sempat memberikan perlawanan terhadap rezim Bashar al Assad.

Namun kemudian sikap ISIS yang begitu keras memicu timbulnya pertempuran diantara kedua kelompok tersebut. Bahkan yang menarik adalah anggota tidak ragu untuk melakukan pembunuhan apabila sekutunya bertentangan dengannya.

Seperti yang dikutip dari BBC, Kamis (9/1/2014), dari keterangan juru bicara ISIS Abu Mohamed al Adnani bahwa mereka akan menghancurkan semua konspirator sebelum berkembang luas. Sebenarnya sikap keras yang ditunjukkan oleh ISIS ini sangat disayangkan oleh beberapa kelompok Islamis yang lain.

Karena dirasa tindakan yang diperlihatkan oleh ISIS ini justru memberikan keuntungan untuk kubu Assad. Kepala Front al Nusra Abu Mohammed al Julani, mengungkapkan bahwa perpecahan ini dirasa sangat merugikan perjuangan mereka. (Maria Ulfa – sisidunia.com)