Home » News » AS Dukung Irak Rebut Fallujah

AS Dukung Irak Rebut Fallujah



Washington โ€“ Bantuan militer yang diberikan oleh Pemerintah Amerika Serikat (AS) ke militer Irak terus ditingkatkan. Hal ini tidak lain dikarenakan adanya pertemuan besar yang terjadi di Kota Fallujah antara pihak militer Irak dengan Al Qaeda.

AS Dukung Irak Rebut Fallujah

Alhasil pihak AS kemudian mempercepat pengiriman atas rudal Hellfire nya ke Irak. Memang tidak dipungkiri bahwa pengiriman rudal Hellfire ini merupakan bagian atas program militer AS dan Irak yang sudah disepakati.

Seperti yang dilansir dari BBC, Selasa (7/1/2014), juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengungkapkan bahwa tidak hanya bantuan militer saja, karena AS dalam beberapa minggu kedepan akan mengirimkan sekitar 10 tanpa awak yaitu ScanEagle dan juga sekitar 48 pesawat tanpa awak Raven yang direncanakan akan dikirimkan beberapa bulan lagi.

Untuk diketahui bahwa memang sejak minggu kemarin, Al Qaeda berhasil menduduki kota Fallujah. Alhasil bentuk respon dari pihak pemerintah Irak menyerang kota itu dengan membombardir melalui udara ataupun darat.

Bahkan pihak pemerintah Irak juga menyiapkan beberapa operasi militer besar-besaran yang ditujukan ke kota Fallujah. Dalam keterangan persnya di televisi, Perdana Menteri Irak Nuri al Maliki menginstruksikan agar warga Fallujah bersedia untuk mengusir Al Qaeda dari kotanya dengan tujuan untuk menghindari adanya pertumpahan darah.

Karena tentunya dengan berhasil mengusir AL Qaeda dari Fallujah maka wilayah tersebut akan terhindar dari pertempuran. Dengan berhasilnya diduduki kota Fallujah oleh Al Qaeda tentunya ini menunjukkan bahwa saat ini Irak masih diselimuti dengan adanya konflik sektarian, disamping dominasi dari kelompok Syiah dan juga militan Sunni. (Maria Ulfa – sisidunia.com)