Home » News » Terkait Kasus Akil, Bupati Tapanuli Tengah Dipanggil KPK

Terkait Kasus Akil, Bupati Tapanuli Tengah Dipanggil KPK



Jakarta โ€“ Saat ini memang dari pihak Komisi Pemberantasan Korupsi sedang melakukan proses pengusutan atas kasus dugaan suap yang melibatkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.

Terkait Kasus Akil, Bupati Tapanuli Tengah Dipanggil KPK

Dimana pada kesempatan kali ini dari pihak penyidik KPK telah memanggil Bupati Tapanuli Tengah, Bonaran Situmeang. Pada saat dikonfirmasi oleh wartawan sisidunia, Senin (30/12/2013), Kepala Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha membenarkan bahwa Bupati Tapanuli Tengah memang akan dipanggil sebagai saksi atas AM.

Tidak hanya Bupati Tapanuli Tengah saja yang dipanggil oleh KPK, karena ada juga nama Riza Martina yang menjabat sebagai ajudan dari Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Dimana untuk saat ini Atut sendiri telah ditahan di Rutan Pondok Bambu Jakarta Timur.

Sedangkan Akil telah ditangkap oleh KPK karena kedapatan menerima aliran dana dalam rangka untuk melancarkan proses penanganan atas kasus sengketa pilkada yang ada di MK. Dimana pada saat ditangkap, pihak KPK berhasil mengamankan uang dolar Singapura yang bernilai sebesar Rp3 miliar.

Tidak hanya Akil Mochtar saja, karena KPK juga telah menangkap Anggota DPR Chairunnisa serta Cornelis Nalau. Sedangkan di tempat yang berbeda KPK telah menangkap Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Hamid Bintih, dan stafnya, Dhani, di Hotel Redtop, Jakarta Pusat.

Dimana dalam kasus ini Akil diduga telah menerima uang suap senilai Rp 1 miliar yang berasal dari Tubagus Chaeri Wardana dan juga pengacaranya, Susi Tur Andayani, berkaitan dengan kepengurusan sengketa Pemilukada Lebak, Banten. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)