Home » News » Pembebasan Tahanan Palestina Membuat PM Palestina Didemo

Pembebasan Tahanan Palestina Membuat PM Palestina Didemo



Tel Aviv โ€“ Tepat di depan kediaman dari Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu, ada puluhan warga Israel yang melakukan aksi demo. Dimana mereka memberikan protes atas aksi kebijakan yang membebaskan puluhan tahanan dari Palestina.

Pembebasan Tahanan Palestina Membuat PM Palestina Didemo

Sebagaimana yang diketahui bahwa memang Israel memiliki rencana untuk melakukan pembebasan atas 26 tahanan Palestina. Dimana tindakan ini tidak lain agar proses perundingan yang saat ini sedang dijalani oleh Palestina dapat berlangsung lancer.

Sayangnya, para pendemo itu beranggapan bahwa tahanan yang telah dibebaskan terseut adalah seorang teroris. Sehingga mereka khawatir akan keamanan dari Israel atas pembebasan tersebut. Seperti yang dilansir dari Al Jazeera, Minggu (29/12/2013), seorang demonstran yang bernama Meir Andor mengungkapkan bahwa sebenarnya dengan membebaskan para tahanan tersebut sama halnya dengan membawakan kematian.

Terkait pembebasan tersebut, warga Plaestina menyambutnya dengan gembira. Hal ini dikarenakan selama ini pada umumnya tahanan Palestina yang ada di Israel selalu menjadi obyek atas pelanggaran HAM dan juga kekerasan.

Sebenarnya walaupun pihak Israel membebasakan beberapa tahanan Palestina, bukan berarti proses perundingan antara dua Negara yang bersengketa ini dapat berjalan mulus. Karena di saat yang bersamaan justru pemerintah Israel telah menyatakan perluasan akan pembangunan dari pemukiman Yahudi yang ada di wilayah Tepi Barat. Alhasil Palestina ataupun dunia internasional beranggapan bahwa dengan adanya pembangunan pemukiman Yahudi merupakan sebuah tindakan illegal. (Maria Ulfa – sisidunia.com)